Kolaborasi antaraTeleskop Hubble milik NASA dengan observatorium landas bumi, telah memberikan hasil positif dalam hal bukti keberadaan planet ekstrasolar yang dekat dengan Tata Surya.

Objek berukuran Jupiter ditemukan mengorbit bintang bertipe Matahari, Epsilon Eridani, yang hanya berjarak 10.5 tahun cahaya. Planetnya berada sangat dekat sehingga bisa diamati oleh Hubble dan teleskop landas bumi yang besar di akhir 2007, saat planet dengan periode orbit 6 – 9 tahun tersebut berada pada posisi terdekatnya dengan Epsilon Eridani. Massa planet yang baru tersebut, 1.5 massa Jupiter dengan kemiringan orbit 30 derajat terhadap garis pandang kita, sama dengan inklinasi piringan debu dan gas yang juga mengelilingi Epsilon Eridani.

Penemuan ini menggembirakan, karena sudah lama diperkirakan kalau planet terbentuk dari piringan debu seperti ini, namun belum pernah keduanya ditemukan pada bintang yang sama. Tim peneliti menegaskan kalau kondisi segaris dari orbit planet dengan piringan debu tersebut menjadi bukti bahwa planet terbentuk dari piringan gas dan puing-puing debu disekitar bintang.

Planet-planet di Tata Surya juga berbagi kondisi segaris yang serupa, yang merupakan bukti kalau planet-planet tersebut terbentuk pada saat bersamaan di dalam piringan Matahari.  Bedanya, saat ini Matahari telah memasuki usia pertengahan bintang yakni 4.5 milyar tahun, dan sisa-sisa debunya telah lama hilang. Sedangkan Epsilon Eridani masih berusia 800 juta tahun dan tergolong muda sehingga piringannya masih ada.

Pengamatan Hubble dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh G. Fritz Benedict dan Barbara E. McArthur dari Universitas Texas di Austin. Planet ini terdeteksi pertama kalinya tahun 2000 oleh Barbara McArthur. Saat ini teleskop Hubble dan teleskop lainnya belum bisa memotret gambar planet gas raksasa tersebut. Foto pertama baru akan bisa diambil di tahun 2007 saat planet tersebur berada pada orbitnya yang terdekat dengan Epsilon Eridani. Diperkirakan planet ini akan memantulkan cahaya yang sangat terang sehingga bisa ditangkap oleh Hubble, kamera landas angkasa dan teleskop besar landas bumi.

Sumber: Hubble News Release

Tagged in:

About the Author

ivie

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

View All Articles