Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / another conference, another paper
Nov 8 2006

another conference, another paper

Setelah begadang beberapa hari akhirnya paper buat ICMNS selesai juga dan berhasil disubmit pada hari terakhir (kebiasaan buruk nih). Paper yang kubuat memang merupakan salah satu preliminary result dari riset yang dilakukan sub keahlian tata surya (bener ga sih sub kk? ITB sih gonta ganti nama mulu) di kk astronomi.

Dalam paper ini kami mencoba mengembangkan sebuah model pembentukan Tata Surya dengan ide dasar dari teori akresi. Model awal yang digunakan adalah model yang dibangun Dole tahun 1970. Model sederhana ini dikembangkan untuk bisa mendapatkan dinamika sistem yang terbentuk. Selain pemodelan tata surya, riset ini juga melakukan pengamatan transit extrasolar planet oleh temanku.

Intinya paper tersebut selesai juga, walau rasanya masih banyak kekurangan disana-sini. Masih kurang puas sih tapi tenggat waktu harus dipenuhi khan? Akhirnya dibuatlah laporan singkat 4 halaman sebagai hasil awal pekerjaan dalam paper tersebut.

Ga terasa ini udah ke-3 kalinya aku ikut conference …. masih teringat jelas kekacauan akibat kegugupan yang melanda saat presentasi pertama kali di pertemuan yang diadakan untuk ultah Bosscha yang ke-80. Ga nyangka juga tahun lalu bersama Centaurus (we have homework to do my friends) kami diberi kesempatan untuk bisa ikut dalam The 9th Asia-Pasific Regional IAU Meeting di Bali. Pengalaman yang sangat menarik bisa menyertakan poster paper kami dan mengenal perkembangan astronomi di asia pasifik.

Yang pasti dalam setiap paper yang dibuat, ada harapan dan mimpi yang ditempatkan. Just hope one day mimpi dan harapan itu bisa tercapai.

Share this entry
2 Comments
  1. satriadi

    tetap semangat…pantang menyerah….meski gw taunya cuma bintang doank tp gw salut ama org2 yg concern di bidang ini

    Reply
  2. ..true scientist.. 😡

    Reply

Leave a Reply

For if the willingness is there, the gift is acceptable according to what one has, not according to what one does not have.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: