Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Dua Hari Tanpa Internet
Jan 4 2007

Dua Hari Tanpa Internet

Udah sekitar 3 minggu ini gue sibuk banget. Apa iya? bukannya masih sempet main sims 2 ma namatin diner dash flo on the go? ah pokoknya sibuklah.. lagi kejar-kejaran deadline tesis. Tapi ada pengalaman menarik juga sebenarnya pas ngerjain tesis. Tanggal 29 Desember gue dah janjian ma pembimbing buat nyerahin draft lengkap.

Tepat tgl 27 desember internet down akibat gempa. Saat itu walau mangkel mau gimana lagi. Taunya pas sore modem gue mati. Mikirnya sih well pasti gara-gara gempa makanya dimatiin ma isp. Besoknya gue nelpon nanyain soal kekacauan ini dan mereka bilang, masih dalam penanganan tapi dalam beberapa jam lagi udah bisa normal (gue ga nanya sih apa mereka matiin internetnya apa nggak).

Taunya sampe besoknya lagi tuh indikator di modemnya masih merah. Akhirnya gue telpon lagi tuh isp. Jawabannya bikin shock juga.. mbak kami dah up dari kemaren malam. so what’s up with my modem? Akhirnya setelah dicek n ricek ma teknisinya ternyata ada kabel yang putus. Inilah nasib make internet kabel kali ya. Kalau dulu pas jaman dial up sih yang putus pasti kabel telpon. Tapi untunglah tuh kabel dalam sehari langsung diganti. Sedang kalo pengalaman ma telkom bisa berminggu2 baru diberesin itu juga cuma disambungin.

Yang pasti selama 2 hari tanpa internet itu gue sempet panik berat. Paper hasil download yang tersimpan di kompie ternyata masih belum cukup buat referensi. Padahal biasanya begitu butuh data atau butuh referensi tinggal googling di scholar google buat nyari papernya atau kalo perlu email-in si pemilik paper kalo ga bisa dunlot papernya di adsabs or di xxx.lanl.gov. 

Akhirnya gue harus totally back to the text book dan mengandalkan paper yang udah didownload dan di print atau dikopi dari kampus.  Sayangnya data di text book ada yang udah ga gitu pas lagi. Tapi mau gimana lagi… akhirnya analisis dibuat dengan materi yang ada aja dulu. Hmm ternyata internet memang udah menjadi sumber informasi yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita. Padahal beberapa tahun lalu, text book dan paper cetak yang ada di perpustakaan jurusan udah cukup menjadi bahan dalam pengerjaan essay, paper, tugas kuliah, tugas akhir bahkan mungkin juga tesis.

Share this entry

Leave a Reply

May the God who gives endurance and encouragement give you the same attitude of mind toward each other that Christ Jesus had.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: