Journal

-- the pilgrim journey --

Home / astro / langitselatan, Situs Astronomi Indonesia
Apr 9 2007

langitselatan, Situs Astronomi Indonesia

Mimpi dan keinginan membangun media astronomi memang sudah lama ada. Namun sayangnya untuk bisa mengembangkan dan mempopulerkan astronomi di indonesia bukanlah hal mudah. Di departemen astronomi, salah satu cara populerisasi astronomi dilakukan melalui kegiatan olimpiade astronomi. Di Observatorium Bosscha populerisasi astronomi dilakukan melalui dibukanya waktu kunjungan dan diadakannya open house bagi masyarakat.

Masalah yang jadi perhatian saya dan teman-teman bagaimana dan dimanakah masyarakat bisa mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar tentang astronomi dalam bahasa yang tidak melangit tapi membumi.

Untuk itulah kami mencoba membangun sebuah komunitas atsronomi dibawah bendera Rigel Kentaurus (Rig-K). Rig-K terdiri dari alumni dan mahasiswa astronomi yang bertujuan untuk membumikan astronomi dan menjadi salah satu sumber informasi astronomi yang benar bagi masyarakat. Memperkenalkan astronomy is fun merupakan salah satu tujuan kami. Karena sudah seharusnya sains menjadi bagian yang menyenangkan untuk dipelajari dan dipahami. Saat ini untuk mewujudkan cita-cita itu kami mencoba membuat sebuah blog astronomi dengan alamat www.langitselatan.com , web astronomi yang serupa pernah kami buat tahun 2004 dengan nama www.centaurusonline.com namun kemudian kami hentikan karena kendala dalam hal pengelolaan.

Well mimpi untuk membuat majalah astronomi memang belum pupus namun kami juga menyadari untuk melangkah ke media cetak ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang.

Langit selatan dan komunitas astronomi
Awalnya langit selatan memang didedikasikan sebagai sumber informasi astronomi, namun melihat animo perkembangan di milis astronomi-indonesia, maka langit selatan dibuat juga sekaligus untuk mengakomodir para pecinta astronomi, astrofotografi dalam sebuah forum di www.langitselatan.com/forum (belum aktif). Nama langit selatan sendiri diambil karena identik dengan keberadaan kita yang bernaung di bleahan langit selatan.

Share this entry
5 Comments
  1. Perencanaannya mesti lebih mateng ya Vi, jangan kolaps lagi kaya dulu he he he 🙂

    Reply
  2. ivie

    yup jelas di… kali ini perencanaan harus bener2 mateng. pengalaman dulu bener2 pelajaran berharga.. n gue ngerasa belajar banyak dari situ. thank you yah..

    Reply
  3. triani

    saya mau gabung, gmn caranya

    Reply
  4. halo triani… kalo mo gabung bisa langsung gabung aja di http://www.langitselatan.com/forum n kalo mo ikutan gabung acaranya, kita juga bikin acara star party infonya di http://www.langitselatan.com/starparty atau juga di http://www.langitselatan.com/mitra

    Reply
  5. ahmad

    saya dukung banget, idealisme teman2 astronom indonesia seperti kalian. selamat.. teruskan “langitselatan.com”-nya.

    Reply

Leave a Reply

Do not judge, or you too will be judged.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: