Journal

-- the pilgrim journey --

Home / kontemplasi / Pemberitaan Salib
Apr 22 2007

Pemberitaan Salib

Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.( 1 Kor 1: 18)

memang benar apa yang dikatakan Paulus pada jemaat korintus tersebut, karena sampai detik ini pemberitaan tentang salib masih dianggap sebuah kebodohan bahkan ada yang beranggapan sebuah kehinaan karena ko yah bisa-bisanya Tuhan disalib ama manusia pula!.

well… pembahasan ini tidak akan bisa dipahami dan tak akan pernah selesai dibahas kalau kita sudah berbicara tentang iman. Karena ketika seseorang sudah tidak mampu mengimani kebenaran suatu hal.. maka yang ada dalam hati dan pikirannya hanyalah bagaimana menyangkal hal tersebut. setiap hal akan dilihat sebagai sebuah kesalahan dan kelemahan. Biar bagaimanapun yang ada dalam hati dan pikiran kita.. iman saya pasti benar yang lain pasti salah. Gak mungkin ada dua kebenaran yang saling bertolak belakan, karena pasti hanya salah satu yang benar.

sementara, pemberitaan salib menjadi sebuah kekuatan yang membebaskan bagi mereka yang percaya dan mengalami sendiri kasih karunia Allah tersebut. ini juga pengalaman iman yang kadang buat orang lain mungkin suatu kebodohan tapi tidak buat mereka yang percaya dan mengalaminya sendiri.

salib… itulah jalan yang harus dilalui Yesus untuk menebus umat manusia. membayar dosa manusia dengan darahNya sendiri.

salib… menjadi pernyataan kalau sesungguhnya kebenaran manusia sama sekali tidak ada harganya di mata Tuhan…kebenaran manusia hanya seperti kain yang kotor…

salib juga menorehkan cerita betapa usaha manusia itu sia-sia untuk mencapai standar kekudusan Allah..

salib.. menunjukkan kehinaan akan penghukuman atas dosa…yaitu maut.

Allah itu kudus..dan kekudusanNya tidak mengijinkan dosa. tapi Allah dalam kasihNya ingin merangkul manusia masuk ke dalam rumahNya. disinilah Ia yang mengambil peran untuk menyelesaikan akibat dari dosa, karena sampai kapanpun kebenaran manusia tidak akan mampu mencapai kebenaran Allah. Allah masuk kedalam dunia menebus dosa dunia dan kita bisa masuk kedalam rumahNya dengan berbalut kebenaran dan kekudusan Kristus. bukan kekudusan kita.

darah Kristus yang tercurah di salib itulah yang membayar lunas semua dosa kita. darah itulah yang membuat kita tidak lagi mengalami kematian kekal dan keterpisahan dari Allah seperti masa-masa kegelapan yang pernah Yesus alami sendiri saat Bapa meninggalkan Dia.

salib.. kehinaan bagi manusia yang tidak percaya.. tapi anugerah bagi mereka yang percaya akan penebusan yang dilakukan Yesus diatas salib itu.

salib.. penebusan manusia yang dibayar mahal dengan darah Kristus… itulah anugerah terbesar bagiku.. dan bagi orang-orang yang percaya.

karena apa yang dianggap hina buat manusia bisa menjadi kemuliaan bagi Tuhan.

Share this entry

Leave a Reply

For the message of the cross is foolishness to those who are perishing, but to us who are being saved it is the power of God.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: