Journal

-- the pilgrim journey --

Home / astro / Habitable planet and me
Apr 27 2007

Habitable planet and me

halah judulnya bombastis nggak sih? tadinya niat mo nulis panjang lebar tentang habitable planet yang baru ditemuin alias tentang Gliese 581 c berdasarkan paper yang diterbitkan Stéphane Udry dkk, tapi asli deh mata capek banget beberapa hari ini didepan kompie terus (halah alasan!!!). Yang selesai cuma versi dari press release ESO yang kujadikan berita buat langit selatan. Mudah-mudahan versi lengkapnya bisa kumasukin kesini dalam waktu dekat ini (hope sooo).

Tapi berbicara tentang planet layak huni, saya jadi teringat dengan pekerjaaan dalam tesis saya. Pemodelan sistem keplanetan yang saya buat sering kali menunjukkan mencari planet yang benar-benar bisa dihuni itu seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Itu baru yang mirip Bumi, dalam artian yang berada dalam habitable zone dan memiliki air dalam bentuk cair. Apalagi, untuk mencari yang komposisinya persis dengan Bumi, dengan kemungkinan yang sama untuk terjadinya kehidupan yang kembali lagi mengacu pada kehidupan di Bumi. Tentu sangat tidak mudah.

Di dalam pemodelan seperti yang pernah saya uraikan dalam postingan Mencari Bumi di Stargen, untuk menemukan yang punya air dalam bentuk cair aja susah. Setelah ditemukan komposisinya ga bisa buat dipakai bernafas…malah kadang beracun. Itu memang cuma pemodelan…. tapi dengan penemuan Gliese 581 c gerbang pembuka sudah ada yang akan membawa kita pada penemuan-penemuan berikutnya. So.. apakah akan ada Bumi yang lain? tunggu saja!

Share this entry
2 Comments
  1. Optimis aja: ada! 😉 Sepinya Bumi kalau di alam semesta yang maha luas ini dia sendiri hehehe. Jadi ingat judul bukunya Dole, Vi: Habitable Planets for Man.

    Reply
  2. hehehe gue asli penasaran pengen baca habitable for man itu secara banyak dipake buat referensi soal HZ.

    Reply

Leave a Reply

I write these things to you who believe in the name of the Son of God so that you may know that you have eternal life.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: