Megapa Pluto bukan planet?
pokoknya Pluto tetap planet, nggak boleh nggak. kan kesian Plutonya kalo dicoret dari daftar planet.

well itulah beberapa komentar dalam blog ini saat saya menulis tentang klasifikasi Pluto yang baru sebagai Planet Katai atau dengan kata lain Pluto diturunkan kelasnya dari Planet jadi Planet katai. Bagi saya penentuan kelas baru tersebut merupakan bagian dari perkembangan ilmu pengetahuan. Ternyata bagi sebagian orang hal tersebut seakan-akan kami para astronom telah mengeluarkan Pluto dari Tata Surya. wow .. hebat sekali yah kalau bisa nendang Pluto.

Banyak memang yang masih berharap agar ada revisi atau tepatnya akan ada pembicaraan lag pada pertemuan IAU yang berikutnya di Rio de Jeneiro untuk membicarakan kembali status Pluto.

Namun sepertinya keinginan agar Pluto kembali menempati posisi sebagai Planet hanya tinggal impian. Eris yang ditemukan oleh Mike Brown dan Chad Trujilo tahun 2003 selain memiliki ukuran lebih besar dari Pluto, juga lebih masif dbanding Pluto. Nah seandainya Pluto diklasifikasikan lagi sebagai Planet, maka Eris pun tentunya harus berada dalam jajaran Planet Tata Surya juga. Dengan demikian akankah kita memiliki 10 planet? 20? atau 30? Mengapa jumlahnya bisa bertambah? Nah ini disebabkan karena Pluto, Eris juga memiliki teman lainnya yang mirip seperti mereka yakni, Quaoar, Orcus, Sedna, 2003EL61 dan objek Kuiper lainnya.

Dalam penelitian terbaru teleskop Hubble dan Observatorium Keck, Eris ternyata memiliki massa 27% lebih masif dari Pluto. Penelitian Teleskop Hubble sebelumnya menunjukkan Eris memiliki diameter 2400 km menyebabkan Eris juga memiliki ukuran lebih besar dari Pluto.

Temperatur Eris juga jauh lebih dingin dengan kisaran temperatur rata-rata diperkirakan -240 derajat celcius. Tidak mengherankan karena Eris menempuh jarak terjauh 97 SA dari Matahari dan bila ia mendekat, jarak terdekatnya 38 SA. Eris menyelesaikan revolusinya dalam 560 tahun jauh lebih lama dari Pluto yang hanya 250 tahun.

Dari data spektrum, ditemukan Eris diselimuti lapisan metana yang meresap dari dalam dan membeku di permukaan. Dalam kasus Pluto, metana mengalami transformasi kimia. Ini terjadi akibat lemahnya radiasi yang menyebabkan lapisan metana menjadi merah. Tapi di Eris lapisan metananya warnanya kuning dan bukan merah kekuningan seperti di permukaan Pluto. Hal ini diperkirakan karena Eris berada sangat jauh dari Matahari.

Satelit Mungil, Dy
Eris dalam pergerakannya juga ditemani sebuah satelit kecil yang dinamai Dysnomia atau Dy dengan diameter 150 kilometer dan berada pada jarak 37000 kilometer dari Eris. Dy mengelilingi Eris hanya dalam waktu 16 hari, sehingga rentang satu bulan di Eris paling lama yah hanya 16 hari. Dan dengan kala revolusi Eris 560 tahun Bumi, maka satu tahun Eris akan memiliki lebih banyak bulan di dalam kalendernya.

Eris-Dy diperkirakan terbentuk 4,5 milyar tahun lalu dalam tabrakan masif saat Tata Surya mulai terbentuk.

 

Tagged in:

, ,

About the Author

ivie

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

View All Articles