Akankah Mars Sebesar Bulan tanggal 27 Agustus?

Sebenernya tahun ini saya sudah bertekad ga perlu lagi nulis-nulis tentang Mars. Tapi kemarin seorang teman menyapa dengan pertanyaan, “vi beta dpt message ini BATUL seng neh” (vi saya dapat email ini betul gak nih?).

n this is the message :

Dear all, Malam hari dengan 2 buah bulan. Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 2280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia menantikan planet Bumi kita mempunyai 2 buah bulan pada 27 Agustus 2007 nanti. Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja. Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk ‘menatap’ langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang.

Dan disambung oleh sebuah email …yang menanyakan kenapa star party-nya diadain tanggal 25-26 agustus. Kenapa bukan tanggal 27 aja. khan ada event langka.. ada dua bulan. Eh? Nah loh?

Rupanya berita Mars ini memang tak pernah bosan mengunjungi inbox maupun offline message. Setiap tahun pasti muncul. Nah.. apa berita itu benar? Apakah memang akan ada dua buah bulan di langit bulan Agustus? Benarkah ada event besar di Bulan Agustus ini?

Bulan Agustus memang akan diisi dengan event astronomi yang cukup besar yakni hujan meteor Perseid yang akan mencapai puncaknya tanggal 12 Agustus, dan Gerhana Bulan Total pada tanggal 28 Agustus 2007. Di Indonesia kita akan melihat Bulan terbit dalam kondisi Gerhana. Loh kok? Marsnya mana?

Mars memang akan terlihat di Bulan Agustus namun tidak sespektakuler yang diceritakan dalam email tersebut. Mengapa? Karena itu email HOAX belaka.

MARS tidak akan terlihat sebesar bulan purnama dan tidak akan ada dua buah bulan di Bulan Agustus.

Mars pada tanggal 27 Agustus yang disebut-sebut sebagai tanggal penuh fenomena itu baru akan terbit setelah lewat tengah malam. Fenomena tanggal 27 Agustus dalam hoax tersebut mengacu pada kejadian oposisi Mars yg terjadi 4 tahun lalu (2003).

Tahun 2003, Mars berada pada jarak terdekatnya pada tanggal 27 Agustus dengan jarak 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, dibanding posisi terdekatnya 50 ribu tahun yang lalu. Saat itu Mars memang berada pada jarak terdekat dengan Bumi, namun Mars tetap lebih jauh jaraknya dari Bulan.

Pada tahun 2005, Mars kembali mendekat dengan bumi pada jarak 69 juta km tgl 30 Oktober, dan mengalami oposisi tanggal 7 November 2005. Diameter Mars pada tahun 2003 25 detik busur sedangkan pada tahun 2005 diameternya sebesar 20 detik busur.

Tahun 2007, oposisi Mars akan terjadi tanggal 18 Desember pada jarak sekitar 88,42 juta km dengan diameter 16 detik busur. Jaraknya pun masih lebih jauh dibanding posisi terdekatnya di tahun 2003.

Event besar lainnya adalah diadakannya Astronomical Gathering : Southern Sky Star Party 2007. yuks gabung……….

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

5 Comments

  • yah … bener vi, cape duech mengcounter berita ini, hehehe … yang nyebarin hoax nggak bosen-bosen yak.

  • betul itu mar… n herannya kok yah masih ada ajaaaaaaaaaaa yg percaya… ..

  • Kita menunggu dan menunggu…ternyata tertipu…..wahhh…kita kan …….nguantukkkkkk..dab”’

  • memang. saya termasuk YANG TERTIPU. tanggal 27 saya bgadang, dan mendung. akirnya stgh 1 sy tidur.
    28 aug, kt kaka saya hari ini. saya niatnya mau, tapi skalian blajar fisika, dan kata kaka saya tidur aja dulu, tar baru bangun.
    untung sy tdr terus kalo gak saya bakalan rugi gila2an nunggu. 29 aug, ternyata BOHONG. menyebalkan .

  • wah boongan yah…
    *muka ngarep nih*
    kalo aja beneran…

Leave a Reply

%d bloggers like this: