Gerhana Bulan Bersama langitselatan

Kesempatan mengamati Gerhana bulan total (GBT) tanggal 28 Agustus 2007 yang tampak memerah saat Bulan terbit tidak dilewatkan oleh tim langitselatan. Walaupun masih terasa lelah setelah acara Star Party akhir pekan yang lalu, namun kami tetap berangkat menuju Dago Atas bergabung dengan adik-adik Sekolah Alam Bandung yang sedang berkemah disana sambil menantikan Gerhana. Setelah hampir “nyasar” akhirnya kami pun tiba di lokasi. Turut bergabung juga teman-teman dari Kompas dan Sindo yang sudah siap dengan kameranya masing-masing. Acara berburu gerhana pun dimulai….

Pukul 17.30 wib, matahari sudah tampak terbenam namun sampai dengan pukul 18.00 wib di arah timur langit masih berawan dan kami masih kesulitan menemukan Bulan yang sedang gerhana tersebut. Padahal disaat yang sama, teman-teman di Kediri sudah berhasil mengamati Gerhana Bulan. Sedangkan di Muara Teweh berita per sms mengatakan kalau gerhana Bulan terlihat namun sedikit terhalang awan dan agak mendung.

Apa yang kami alami ternyata dialami juga oleh teman-teman langitselatan yang melakukan pengamatan dari LAPAN Bandung. Menurut mereka, Bulan belum terlihat karena masih tersembunyi di balik Giant Hypermarket.

Akhirnya setelah mencari-cari, kami pun berhasil melihat Bulan yang sedang tertutup bayangan Bumi dan memendarkan cahaya kemerahan yang berasal dari atmosfer Bumi. Indah sekali.. Namun sayang kesempatan menikmati GBT hanya sesaat karena pada pukul 18.29 GBT sudah berakhir dan memasuki fasa Gerhana Bulan Sebagian.

Setelah menemukan Bulan, adik-adik dari Sekolah Alam pun mulai mengantri dengan tertib untuk bisa melihat permukaan Bulan yang sedang dilanda gerhana tersebut. Pengamatan dilakukan sampai Gerhana Bulan berakhir dan dilanjutkan dengan pengamatan Jupiter sebelum adik-adik sekolah Alam kembali ke tendanya masing-masing dan acara pengamatan Gerhana Bulan pun berakhir dengan keceriaan dan kepuasan.

eclipse1.jpg

eclipse1848.jpg

eclipse19-04.jpg

eclipse1939.jpg

montage-gerhana.jpg

image credit : nggieng, from LAPAN Bandung

sumber tulisan by me di langitselatan.com

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

5 Comments

  • foto yang keempat sama terakhir, keren abiz. my fave = yang ke empat, mystic sekali..

  • vi, sudah baca belum tulisan nya kemarin?

    eh ya…kapan jalan-jalan lagi melihat bintang

  • udah mas.. makasih.. keren… hehehe. next week anak2 rencana mo ikutan hilal.

  • rosy asyliandra

    eh …. kalo menurut mitas, ketika gerhana bukan itu karena manusianya yang udah terlalu besar dosanya. bulannya itu gak apa-apa cuma penglihatan manusia aja yang dihalangi oleh dosanya.

  • aduuh ngomong yang lain aja deh…….

Leave a Reply

%d bloggers like this: