Apophis Menabrak Bumi?

Sore ini saat sedang blogwalking dan berselancar di dunia maya mencari berita, saya menemukan berita ” Anak usia 13 Tahun Koreksi Hitungan NASA! di Kompas dan beberapa media di dunia. Menarik bukan? Seorang anak berusia 13 tahun yang setingkat SMP berhasil mengkoreksi perhitungan tabrakan asteroid Apophis. Tabrakan yang menurut NASA awalnya diperkirakan hanya 1:45000 menjadi naik perbandingannya karena apophis diperkirakan akan menabrak salah satu satelit yang mengelilingi Bumi.

Perhitungan Nico Marquardt menunjukan pada tanggal 13 Oktober 2008, saat melakukan pertemuan terdekat dengan Bumi, Apophis akan memiliki kemungkinan menabrak 1 dari 40000 satelit yang ada dan mengalami perubahan lintasan orbit. Perubahan tersebut akan kembali terjadi tahun 2029 saat mendekati Bumi karena kembali Apophis kemungkinan akan mengalami tabrakan dengan satelit. Akibatnya pada tahun 2036, pada saat pertemuan dengan Bumi kemungkinan Apophis akan menabrak Bumi menjadi 1:450 atau seratus kali lebih tinggi dari perkiraan NASA.

Benarkah? Sudahkah berita tersebut di cek dan ricek dengan pihak NASA?

Tampaknya sumber berita yakni AFP tidak melakukannya. Menurut cosmos4u yang ditulis Daniel Fischer, berita tentang memingkatnya kemungkinan tabrakan Apophis tidaklah benar. Hasil pembicaraan antara cosmos4u dan pakar NEO Don Yeoman menyatakan kalau pihak NASA belum mengadakan kontak dengan Nico Marquardt, dan kisah yang ditampilkan di berbagai tabloid dan koran di sleuruh dunia ini merupakan cerita absurd atau bisa dikatakan ini merupakan sebuah hoax.

Menurut Don, sepanjang pertemuan terdekat antara Apophis dan Bumi pada tahun 2029, Apophis akan mendekati Bumi pada jarak 38900 km, atau berada dalam jarak geosynchronous yakni 42240 km. Tapi bagaimanapun, asteroid ini akan melintasi sabuk ekuatorial pada jarak 51000km. Ini berarti saat melintasi sabuk ekuatorial, ia akan berada di luar jarak geosynchronous. Ketidakpastian posisi Apophis saat mendekati Bumi diperkirakan sekitar 1500 km, dengan demikian Apophis tidak akan dan tidak bisa mendekati satelit Bumi. Apophis tidak akan melintasi bidang orbit Bulan pada jarak orbit Bulan.

Seringkali berita ditulis hanya untuk terlihat bombastis tanpa melakukan pengecekan pada sumber yang benar. Apophis adalah salah satu asteroid yang terus menerus berada dalam pengawasan NASA, karena memang berpotensi menabrak Bumi. Apophis yang juga dikenal sebagai 2004 MN4 sampai akhir tahun 2004 masih menjadi asteroid dengan kemungkinan tabrakan paling tinggi di tahun 2029. Namun awal tahun 2005 data radar menunjukan penurunan kemungkinan. Dan dalam beberapa bulan kemudian, kemungkinan terjadinya tabrakan pada tahun 2036 juga semakin merosot dan pada akhirnya mencapai angka perbandingan 1:45000.

Sumber : cosmos4u , Universe Today, langitselatan

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

2 Comments

  • Tolong kasih pengertian donk!! misalnya Hoax itu apa? Aphopiz tu apa?

    • dalam tulisan diatas jelas sudah ditulis Apophis itu asteroid. Jadi tolong dibaca dengan seksama.

      Hoax itu apa..rasanya dari tulisan tersebut anda bisa menarik kesimpulan apa itu hoax. kalau misal masih belum paham juga apa itu hoax anda bisa googling sendiri atau buka kamus. Hoax bukan istilah astronomi tp kosa kata sehari-hari untuk menjelaskan bahwa sebuah cerita itu tidak benar jadi saya rasa saya tidak perlu menjelaskan apa itu hoax dlm semua tulisan saya.

      kalau anda mencari arti kata2 astronomi, jelas blog ini bukan tempatnya. silahkan ke http://www.langitselatan.com/glosarium

Leave a Reply

%d bloggers like this: