Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Dabbler 2, My First CD Painter
May 1 2008

Dabbler 2, My First CD Painter

Sebenernya hari ini saya ada kerjaan desain yang harus beres, tapi karena ga nemu-nemu gambar resolusi tinggi yang bisa dipake akhirnya saya putusin untuk make gambar-gambar dari CD desain yang saya punya. berhubung tuh beberapa CD dah lama banget ga disentuh saya kudu bongkar-bongkar lemari deh…. ehh pas milah-milah diantara tumpukan CD, saya nemu sebuah CD yang udah usang tapi tetep terlihat baru. Semacam program buat ngelukis di komputer.. namanya Dabbler 2 yang diproduksi oleh Fractal Design.

Lantas apa uniknya? khan sama aja kayak produk adobe or corel (adobe freehand, corel painter, corel paintshop) … well yang unik adalah Dabbler ini merupakan program yang dikeluarkan tahun 1995 dan yang kemudian menjadi generasi awal produk milik corel… jadul banget khann??? requirementnya ajah bener-bener sederhana… tapi dijamannya nih requirement bikin kelimpungan juga buat bisa memenuhi komputer dengan spec yang diminta.

Dabbler 2 System Requirement :
Windows / Windows 95 Native :
486DX or faster with 8 MB of memory (some effects require FPU)
windows 3.1 or windows 95
Hard Disk
CD-ROM Drive
Color Display

Macintosh/Power Macintosh :
All mac models with a 68030 processor or better with 8 MB memory
System 7.0 or greater
Hard Disk
Cd-Rom Drive
Color Display

Karena penasaran, saya coba nginstal Dabbler di kompie saya… ternyata masih bisa dirun in my XP.. walau sayangnya justru bikin crash ma soundcard saya. Yang justru bikin saya terpukau-pukau.. CD Dabbler ini my first original CD program.. bangga ga sih??? hehehe. Dulu pertama kali saya dapet kiriman Dabbler rasanya bahagia bangettt (halah ABG pisan) karena ini hadiah dari seorg teman yang juga seorang pelukis dan guru yang saya kenal via internet. Saat itu saya dikasih juga lukisan-lukisannya sayangnya ga bisa ditunjukkin disini karena lukisan-lukisan itu kayanya udah terhapus dari HD kompie lama saya di ambon…. saya dikirimnya thn 96.. that’s mean 12 years ago.. hehehehe.. lebih dari 1 dekade… jaman saya masih pake seragam putih abu2 dan saat itu internet baru masuk di ambon.

ok.. back to Dabbler.. apa sih yg unik dari Dabbler? Hal pertama yang menarik perhatian, dalam CD Dabbler tersebut terdapat 2 installer untuk Mac dan untuk Windows (sekarang.. mana ada 2 installer in one cd? ada juga dipisah biar beli lagi). Dengan Dabbler kita bisa membuat lukisan senatural mungkin seperti kita melukis diatas kanvas… dan didekasikan untuk home user. Dabbler bekerja pada tampilan warna 16 bit, dan jika ia membuka gambar dengan tampilan warna 24bit, maka ia akan mereduksinya menjadi 16 bit. Yang menarik, saat kita selesai mengerjakan sesuatu ia bisa mengingat langkah trakhir kerja kita, dan saat kita membuka dabbler kembali kita akan berada pada environment kerja terakhir kita. Remind you with corel ?? Dabbler sendiri ketika saya terima, didalam bundelnya selain CD program terdapat juga buku penuntun bagaimana melukis di komputer. Lantas dimanakah Dabbler sekarang ?

Setelah coba mencari di internet, ternyata website fractal (www.fractal.com) yang tercantum di CD sudah tidak ada lagi… dan setelah bergoogling ria akhirnya saya baca di wikipedia, rupanya Dabbler inilah yang kemudian menjadi cikal bakal corel painter.

Painter pada awalnya dibuat untuk Macintosh oleh Mark Zimmer dan Tom Hedges, founder dari Fractal Design Corporation. Sebelumnya, Zimmer & Hedges telah membuat ImageStudio and ColorStudio, aplikasi editing gambar untuk Letraset. John Derry bergabung dengan Zimmer & Hedges saat rilis ulang Painter 1.2. Derry telah memiliki pengalaman bekerja dalam software painter di Time Arts, -developer awal untuk aplikasi lukisan berbasis desktop-, Lumena dan Oasis. Fractal Design kemudian melakukan merger dengan RayDream, dan merger lagi dengan MetaTools menjadi MetaCreations.

MetaCreations kemudian menjadi pembuat ViewPoints dari ViewPoints Media Player yang saat ini dibundel bersama adware packages. Sementara itu, Painter mengalami pelabelan ulang sebagai Procreate, disepanjang masa transisi menjadi aplikasi Corel Suite yang kemudian dimiliki dan dipasarkan oleh Corel Coorporation. Tahun 2005, Corel merilis Painter Essentials, yang merupakan generasi ketiga dari Dabbler milik Fractal Design. Dan di tahun 2006, Painter sekarang ini memasuki versi Painter IX.5.

Share this entry
1 Comments
  1. Wow! keren!! congratz yah!! 😀

    Reply

Leave a Reply

A person finds joy in giving an apt reply— and how good is a timely word!
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: