Journal

-- the pilgrim journey --

Home / traveling / Berkunjung Ke Negeri Vasco Da Gama
Jul 24 2008

Berkunjung Ke Negeri Vasco Da Gama

Setelah perjalanan panjang dari Jakarta saya akhirnya tiba di Lisbon. Wuih… ga nyangka bisa jalan-jalan mpe Portugal. It really a blessing for me. Thanks God. Saya kesini diundang untuk mengikuti workshop dan meeting yang diselenggarakan oleh Global Hands on Universe. Saya ditempatkan di hotel Olissippo Oriente di daerah Parque das Nações, tak jauh dari bandara. Area ini baru dibangun dan kesan modern sangat terasa.

Workshop GHOU 2008  diadakan selama 3 hari di British Council .. hmm gedungnya classic (foto gedung british counncil yang warnanya pinky), khas gedung tua di eropa dan makanannya enak banget hahaha. I love the food. Di acara workshop ini saya banyak belajar dan kembali mengingat semua materi observsi yang pernah diberi Pak Hakim, bedanya ini untuk keperluan publik bukan advance level buat riset. Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan untuk riset kecil-kecilan.

Dalam workshop kita diajar untuk mengolah citra, membuat berbagai alat untuk mengajarkan astronomi di kelas dan diberi kesempatan untuk menjalankan teleskop secara remote dari Portugal ke Amerika. Selain itu, kami juga diajak untuk berkenalan dengan Faulkes Telescope yang ada di Hawaii dan Australia. Kesemua alat astronomi itu bukan hanya untuk dikagumi namun bisa digunakan oleh siswa dimanapun untuk keperluan pendidikan. Presentasi yang sangat menarik perhatian saya ada presentasi dari India. Dengan materi-materi sederhana mereka bisa memberi pemahaman dasar astronomi secata luas di tengah masyarakat india yang miskin dan tersebar di berbagai daerah dengan berbagai bahasa.

OK stop about workshop… buat saya Lisbon merupakan kota yang menarik dan punya keindahan tersendiri. Kebetulan saya berada tak jauh dari sungai dan berada di area Parque das Nações atau taman nasional sehingga bisa menikmati keindahan sisi lain Lisbon yang modern. Namun jika kita ke jantung kota Lisbon, kita akan melihat banya sekali gedung-gedung klasik dengan jalanan yang tidak terlalu lebar… khas eropa. Meskipun Portugal masih terhitung negara berkembang, namun lalu lintasnya sangat tertib dan sistem transportasinya sudah cukup bagus. Wish Indonesia like that.… hmm ngimpi nih gue.

Selama disini saya sempat juga berjalan-jalan ke Sintra dan Obidos, 2 tempat yang meyimpan perjalanan sejarah Portugal. Di Sintra saya mengunjungi National Palace, yang menyimpan kenangan tentang kehidupan para raja di sana dan memiliki kaitan erat dengan perkembangan islam di Portugal. Di National Palace ini berbagai barang mulai dari furniture, lukisa,, sampai perkakas dapur disimpan rapih dan dipertunjukan kepada khalayak. Kita bisa melihat pola kehidupan para raja Portugis di masa tersebut.

Dari Sintra jalan-jalan lagi ke Cascais… fiuhhhh indahnya dari gunung memandang lautan lepas… setelah itu Obidos.

Tiba di Obidos, kami disambut oleh festival abad pertengahan. Orang-orang dalam balutan busana abad pertengahan menyambut kami di sepanjang jalan. Di Obidos kami harusnya mengunjungi sebuah kastil, namun karena sepatu yang saya pakai rada salah kostum dan khawatir meluncur turun dari jalanan licin di Obidos, akhirnya saya dan Yang Hong mutusin moto-moto disekitar area kastil dan tentunya belanja………. hehehehhe. Hari itu kebetulan ada festival abad pertengahan dan disepanjang jalan semua orang memainkan musik-musik abad pertengahan dan mengenakan pakaian masa kerajaan itu.  DI Obidos saya sempat mengunjungi gereja St. Martin, yang kebetulan sedang mempersiapkan misa.

Setelah jalan-jalan….akhirnya hari minggu (20 Juli), pertemuan GHOU dimulai.. and saya harus presentasi. Empat hari pertemuan diisi dengan laporan GHOU masing-masing negara, perencanaan dan perkenalan IYA, serta kerjasama yang bisa dibangun antar cornerstone project dalam IYA2009. Dan seperti biasa, acara makan malam diisi dengan makan bersama di area seputar mall Vasco da Gama. Sekali saya sempat juga makan di burger king mall Vasco da Gama bersama seorang peserta konferensi. Menarik banget makan sambil menikmati indahnya suasana sungai (apa laut yah) dari lantai 2 mall. Biasanya sih kalau makan malam kita tepat di dekat laut sambil diterpa angin laut.

Well meeting udah berakhir sekarang dan saya pun siap-siap untuk terbang ke Paris buat liburan dengan Cherrie. Foto-foto dan cerita lengkap nyusul deh…. inet di hotel mahal…. hehehe… 6 jam 10 euro….

foto-foto dokumen pribadi, bisa dilihat di Workshop GHOU set, Obidos&Sintra dan GHOU Meeting set.

Share this entry
4 Comments
  1. wow….
    hebat,,..
    I would Like study with this world…

    Reply
  2. tiara

    mbak ivie,
    mau tanya kalau ke lisbon itu yg murah naek flight apa ya? Trus berapa jam perjalanannya? Makasih

    Reply
  3. waktu itu yg murah sih dapetnya KLM. Penerbangannya hmm sekitar 18-22 jam.

    Reply
  4. Portugal is a country that has alot to offer it’s visitors. Here you can visit cities such as Lissaboa, just next to the Atlantic sea.

    Reply

Leave a Reply

Seek good, not evil, that you may live. Then the Lord God Almighty will be with you, just as you say he is.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: