Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Cosmic Diary
Jan 4 2009

Cosmic Diary

Semua dimulai di akhir tahun 2007 di Athena, sebuah kota tua yang penuh dengan sejarah dunia. Dalam pertemuan Communicating Astronomy with the Public, saya mengajukan diri untuk bekerja dalam task group cosmic diary cornerstone project, yang merupakan bagian dari International Year of Astronomy 2009.

cosmicdiary_white

Yang nggak pernah saya sangka.chair Cosmic Diary justru mengundang saya untuk ikut terlibat sebagai blogger disana. Wow… berbagi pengalaman dalam sebuah komunitas blog profesional benar-benar jadi sebuah penghargaan dan apresiasi atas apa yang sedang saya bangun saat ini.

So akhirnya saya pun terlibat tak hanya dalam task group GTTP dan cosmic diary namun juga sebagai blogger cosmic diary.

tapi apa sih Cosmic Diary?

Cosmic diary bukan sekedar mengenai astronomi tapi lebih kepada bagaimana menjadi seorang astrono. Tujuan cosmic diary justru untuk memberikan wajah yang lebih humanis dari astronomi. Disini para astronom profesional akan menulis blog tentang kehidupan mereka, keluarga, teman, hobi dan ketertarikan mereka. Tapi tidak hanya itu, mereka juga akan menuliskan mengenai pekerjaan mereka termasuk hasil penelitian terbarunya.

Para blogger berasal dari berbagai belahan bumi dan diluar ruang kerjanya, mereka adalah musisi, ibu, ayah, fotografer, atlit. astronom amatir. Sementara di dalam lingkup kerjanya, mereka adalah manajer, pengamat. mahasiswa, astronom, data analis, dan pembuat instrumen.

Diharapkan melalui proyek ini, para blogger akan menjelaskan satu aspek khusus yang menjadi bidangnya pada publik. Selain itu diharapkan akan terbangun komunikasi di antara para blogger dan pembaca. Tantangannya adalah bagaimana para blogger ini menuliskan dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Sejak tanggal 1 Januari 2009, blog Cosmic Diary sudah dapat diakses. Di dalamnya terdapat 50 blogger yang terpilih dari berbagai negara dan dari institusi  seperti NASA, ESA, JAXA, dan ESO.

Dari asia tenggara, ada 3 orang blogger yang berkesempatan menjadi blogger cosmic diary bersama astronom dunia yakni, saya (Indonesia), Emanuel Sungging Mumpuni (Indonesia) dan Rogel Sese (Filipina). Bagi kami ini adalah sebuah kesempatan untuk bisa berbagi pengalaman dan perjalanan juga tentang astronomi kepada publik.

Selamat menikmati.

Share this entry
2 Comments
  1. Di Cosmic Diary Kak Ivie diberi alamat emailnya dong, saya mau mengobrol sedikit tentang astronomi. Tolong dijawab ya… comment saya. Beritahu saya dong kalau benar-benar ada perubahan di dalam Cosmic Diary Kak Ivie melalui alamat e-mail saya. Terima Kasih.

    Reply
  2. david… sory kalo di cosmic diary ga dikasih alamat emailnya. Oya kalau mau kontak atau diskusi soal astronomi gimana kalau kamu ikut gabung di forum langitselatan aja. Aku ada disana juga dan ada emailku disono.

    Reply

Leave a Reply

Jesus replied: ‘Love the Lord your God with all your heart and with all your soul and with all your mind.’
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: