Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Pergeseran
Jun 17 2009

Pergeseran

hmm.. beberapa hari ini saya memang agak sibuk mencari lensa. Ada percobaan yang ingin saya buat. Tapi yang menarik pada saat mencari lensa, saya dipertemukan dengan kejadian-kejadian yang membuat saya terpana.

Observatorium Bosscha.

Observatorium Bosscha.

Sabtu lalu saat muter-muter di area mall yang ada orang berjualan teleskop, iseng saya menanyakan kemungkinan keberadaan lensa yang dijual.  Jawabannya,” mbak kalau beli lensa disini ndak ada. Ke observatorium Bosscha aja. Disana mereka jualan semuanya. ada teleskop, lensa dll.” Agak spontan saya menjawab,” Ah masa sih? disana kan buat riset.. saya tau kok.” Jawaban yang diberikan si penjual justru membuat saya termangu… “mbak..riset mah cuma katanya, tapi disana kan tempat jualan beginian. sekalian mbak buat wisata bisa liat bintang dll.”

Ah… apakah memang sedang terjadi pergeseran? Apakah memang observatorium dimana saya pernah menjalani gemblengan untuk melakukan pengamatan dan lain-lain sudah bergeser arahnya di mata masyarakat? Tempat wisata dan tempat berjualan alat optik?

Kejadian ini bukan baru sekali. Percakapan-percakapan tak diduga yang terjadi dengan orang yang baru dikenal seringkali membuat saya berpikir ulang. Pergeseran tentu hal yang wajar, namun ketika pergeseran itu terjadi dan memberi stigma baru yang berbeda jauh di tengah masyarakat, mungkin kita harus berhenti sejenak dan menelaah kembali, apakah memang ini yang sedang dituju ataukah kita sedang melangkah ke arah yang berbeda.

Observatorium yang kita kenal sebagai satu-satunya observatorium di Indonesia ini memang pada akhirnya harus menyeimbangkan perannya sebagai pelaksana riset dan pendidikan masyarakat. Namun ketika masyarakat justru melihat pada sisi wisata dan tempat membeli barang, apakah yang sedang terjadi?

Entahlah… saya tak punya jawabannya….tulisan ini pun hanya sekedar pertanyaan batin yang lahir ketika bercakap-cakap dengan orang-orang di luar sana…

Share this entry
1 Comments
  1. ku kira pergeseran merah.hehehe

    Reply

Leave a Reply

My command is this: Love each other as I have loved you.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: