Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Lagi-lagi tentang plagiat!
Aug 16 2010

Lagi-lagi tentang plagiat!

Plagiat, rasanya kejadian yang satu ini sudah tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak ada saja kasus yang terjadi. Kali ini kejadian lagi deh dengan tulisan saya di langitselatan dan simplyvie. ?

sitasi dalam tulisan itu penting!

Yang menarik tulisan-tulisan tersebut justru dikopi dan disalin oleh sebuah situs yang di profilnya tertera bernama KORAN ANAK INDONESIA. lengkap dengan pelindung, editor in chief, reporter, keuangan dll. Dengan susunan seperti itu tentunya wajar donk kalo saya berpikir bahwa ini situs serius apalagi taglinenya “meningkatkan minat baca anak indonesia.”  Ternyata??

Isinya gak lebih dari hasil plagiasi tulisan berbagai situs. Di antaranya adalah langitselatan, netsains, blogCASA (gerhana Venus), tulisan PAk Mutoha dari JAC (meluruskan arah kiblat) maupun tulisan mas Arya AS’95 yang pernah dimuat di Kompas. Dan yang pasti ada 1 artikel yang dibuat dari hasil mengkopas tulisan di blog SimplyVie. Plus ada yang dari beberapa situs lain yang juga dilaporkan beberapa rekan blogger.

Setelah saya melakukan kontak dengan pemilik blog Koran Anak Indonesia, jawabannya sangat tidak simpatik. Bahkan terkesan tidak merasa bersalah. Yang dinyatakan hanya akan melakukan konsolidasi untuk memilih akan menghapus seluruh tulisan langitselatan yang ada disana atau memberikan kredit. Jawaban itu pun tiba setelah beberapa hari.

Apakah mereka baru membaca email? Rasanya tidak. Karena pada hari Jumat, 6 Agustus kisaran jam 4 sore, komentar saya dan mas sungging yang mempertanyakan artikel mereka di artikel Bagaimana membuktikan Bumi mengelilingi Matahari dan Bukan Sebaliknya dihapus dari daftar moderasi. Yang lebih parah lagi, artikel tersebut diganti dengan “polesan baru” alias tambal sulam dengan menggunakan tulisan dari wikipedia Malaysia. Yang sangat jelas memiliki padanan kata astronomi yang  tidak baku untuk digunakan di Indonesia. Perlu diingat sebagian besar istilah astronomi di Indonesia sudah ada padanannya.

komentar saya yang gak pernah muncul di blog KAI.

Ok. itu tentang kejadian. Tapi yang membuat saya tidak lagi menaruh penghargaan adalah saat saya tahu bahwa artikel saya di blog simplyvie ini juga diambil. Artikel yang diambil jelas merupakan artikel yang pengunjungnya paling banyak. Tak lain tak bukan adalah seri Perkembangan Teori Pembentukan Tata Surya yang digabung dari 3 buah tulisan dari blog ini. Ketiganya adalah :

Setelah semuanya kemudian didokumentasikan dan diangkat oleh blogger ryosaeba, dalam blognya things left unsaid. Sebagian besar artikel langitselatan dihapus dan ada beberapa artikel termasuk yang dari simplyvie ini yang diubah.

Menarik loh kalo melihat cara pengubahannya. Teori pembentukan Tata Surya disatukan dengan teori pembentukan alam semesta. Penjelasan panjang yang entah dikopi dari mana dari awal alam semesta sampai dengan penelitian CMB yang kemudian disambung dengan pembentukan Tata Surya.

Menarik?? Jelas. Tata Surya itu hanya bagian yang sangat kecil dalam alam semesta. Sementara dalam skala besar alam semesta, galaksi adalah titik terkecil dan tata surya ada di dalamnya. Nyambungin 2 tulisan yang jelas berbeda segmentasinya dengan “bolong” dimana-mana justru menunjukkan pada kami betapa sang penulis bahkan tak tahu apa yang sedang ia tulis.

Ok! Saya tak akan membahas hal tersebut panjang lebar. Yang pasti tulisan yang diambil adalah tulisan saya yang memang sudah dikopi dmana-mana. Bedanya tidak ada yang sok mengaku-aku tulisan itu miliknya atau nyantumin kredit untuk dirinya selain si koran anak Indonesia.

Tidak adanya permintaan maaf dan pemilihan untuk menghapus dan mengganti isi artikel yang ada dengan plagiasi lainnya justru membuatku bertanya. Sesulit itukah meminta maaf? Sesulit itukah mengakui bahwa seseorang itu bersalah? Dan sesulit itukah memberi kredit pada pemilik tulisan?

Tak hanya itu, dari komentar blcknd di blog things left unsaid, pemilik Koran Anak Indonesia saat ditanya via FB menyatakan :

“Tolong dicek lagi kebenarannya, coba anda buka plagiat dan asli dalam situs itu benarkah demikian ? Stl sy cek ternyata yang dituding plagiat justru tulisan lebih lengkap dan lbh detail sdngkan yg dianggap aslinya lbh sederhana. Dan materi yg samapun itu sebenarnya adalah milik publik krn sdh ditulis dimana-mana. Tapi Sy juga sdng cek ke staf redaksi langsung kondisi itu.”

Pola kalimat yang sama juga bisa dilihat dalam komentar pembela KAI yang tampaknya hanya 1 orang yang sama.

Lucu dan menarik. Ia mengatakan yang plagiat lebih lengkap dan detail. Jelas donk. tinggal kopi aja. Saya tau kok darimana beberapa artikel itu diambil. Ada yang diambil dari wikipedia juga dan kemudian dipadukan.  Tapi lagi-lagi meski lebih lengkap dan detil seperti kata pemiliknya. Ada bolong dimana-mana karena penulisnya tidak memahami apa yang dia tulis. Dan yang dilupakan pemilik KAI, meski cuma mengambil beberapa kalimat, itu sudah tergolong dalam plagiasi aka pencurian. Bahkan tulisan berbagai sumber di akhir postingan, sesungguhnya merupakan keanehan.

Dalam penulisan, ketika anda menuliskan berbagai sumber, artinya anda menggunakan beberapa sumber referensi. Dan bukan beberapa sumber yang disalin menjadi satu tulisan.

Dan materi yang sama meski sudah tersebar di internet dan jelas juga pasti banyak di dunia maya. Tidak ada 2 orang yang bisa membuat interpretasi yang persis sama sampai dengan titik koma dan typografinya. Bisa dipastikan kalau artikel yang saya tulis da dikopas di KAI masih ada anda akan menemukan banyak typo.

Yang pasti tulisan yang dikopi dari web simplyvie ini referensinya bukan dari internet melainkan bagian dari tugas kuliah yang dibuat mengacu pada textbook kuliah saya dan gabungan beberapa paper ilmiah yang dimuat di jurnal Astronomi. Jadi jelas itu bukan milik publik!.

Buat saya pribadi jauh lebih mudah memberi kredit pada orang lain dari pada mengakui sesuatu yang bukan milik saya. Dulu.. di tahun 2007 saya pernah menegur beberapa blogger yang menggunakan tulisan saya tanpa izin. No response. Tapi setahun kemudian salah satu blogger  diantaranya merespon dan meminta maaf.  Yang menarik justru hubungan kami dengan blogger tersebut jadi berlanjut.

Ia justru bisa menunjukkan kecintaannya pada astronomi dan sekarang menjadi salah satu kontributor di langitselatan. Seorang anak SMA yang pernah melakukan kesalahan namun kemudian memperbaiki diri. Dan hal lainnya ia juga membuat kami kagum dengan kreativitasnya yang mau membuat teleskop sederhana dan roket.

Satu hal yang pasti ketika sebuah tulisan diplagiasi .. si pemalsu tidak akan pernah tau dimana kelemahan artikel tersebut dan bagaimana proses artikel itu dibuat dan mengapa kesimpulan tersebut diambil selain si penulisnya. 🙂 Dan ketika plagiasi dibiarkan dan dianggap biasa, niscaya negeri ini akan kehilangan generasi-generasi mudanya karena generasi tua sudah tidak bisa memberikan contoh.

_____________________________

Baca dokumentasi lengkapnya di :

  1. tulisan plagiat, dan mengaku memiliki hak ciptanya
  2. tak mampu menulis, curi saja tulisan orang lain
  3. blog Koran Anak Indonesia memang tidak tahu etika
  4. aftermath kasus Koran Anak Indonesia
  5. fakta menarik tentang kasus plagiat Koran Anak Indonesia
  6. komentar masturbasi Koran Anak Indonesia
  7. membedah artikel jiplakan di Koran Anak Indonesia
  8. Plagiasi Internet, Pencurian Karya di Dunia Maya
Share this entry
7 Comments
  1. Pingback:Rajin Plagiat Belajar « Extra Vehicular Activity

  2. Pingback:Perang Plagiat Lagi di Dunia Blog – Bhyllabus

  3. saya punya 2 blog yang satu plagiat abis (infoaja.com) yang satu nulis sendiri, namun saya tak pernah lupa menuliskan sumbernya jika menyadur dari blog atau situs lain

    Reply
    • keren yg infoaja.com rapih bagus isinya juga. hehehe itu mah ga bisa dibilang plagiat kali. kan ada tuh sumber2nya.

      Reply
  4. Saya barusan jadi korban plagiat. Tapi saya tidak tinggal diam. Saya melaporkan masalah tersebut ke admin Zimbio dan Google. Akhirnya artikel plagiat tersebut dihapus. Jika Anda punya waktu silahkan mampir ke posting saya tentang plagiarisme di:
    http://love-ely.blogspot.com/2010/07/someone-has-stolen-my-article.html

    Reply
  5. Pingback:Tweets that mention Lagi-lagi tentang plagiat! | SimplyVie -- Topsy.com

  6. eee…saya baru komen di KAI juga lho. tapi kena moderasi. ga tau deh ntar muncul atau enggak 😀

    Reply

Leave a Reply

Enter through the narrow gate. For wide is the gate and broad is the road that leads to destruction, and many enter through it. But small is the gate and narrow the road that leads to life, and only a few find it.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: