27 Agustus .. Rasanya tanggal ini sudah jadi tanggal keramat semenjak 2003. Bagaimana tidak, sejak peristiwa oposisi Mars  setiap tahun pada tanggal 27 Agustus isu yang sama kembali muncul. Apalagi kalau bukan Bulan ada 2 di langit aka Mars tampak sebesar Bulan. 

Fenomena yang satu ini memang menarik. Masyarakat langsung percaya, anak-anak sampai orang dewasa, orang pinggiran sampai orang terpelajar semua langsung terkena  euforia menyebarkan sms dan email dan pesan singkat untuk melihat 2 bulan. Penjelasannya sih bisa dilihat di langitselatan, namun yang jadi pertanyaanku mengapa sedemikian mudah orang percaya? Apakah karena fenomena “langka” seperti kata surat itu? ataukah masyarakat kita memang suka hal-hal berbau keanehan? Bagaimana tidak aneh, lah wong logikanya gimana kok bisa Mars jadi sebesar Bulan kalau dilihat dari Bumi?

Beberapa isu lainnya yang juga ditanyakan bahkan sampai diangkat di infotainment adalah bayi Matahari dan penampakan 4 Matahari di China. Yang aneh nara sumbernya adalah tokoh agama, artis dan paranormal. Hmmm.. kok ya aneh? Kejadian alam ini kan ada “ilmunya” dan ada orang-orang yang memang bekerja di bidang tersebut. Pada akhirnya … yang muncul adalah.. benarkah masyarakat kita ini sedang dididik ke arah yang berlawanan oleh media? Dan mengapa masyarakat lebih mudah menelan isu dari pada kebenaran ilmu pengetahuan? Bahkan ketika ilmu pengetahuan coba dipaparkan, tudingan bahwa ilmuwan itu mendahului Tuhan pun seringkali muncul.

well…. perjalanan untuk bisa memberi dampak pada masyarakat agar menjadi masyarakat terdidik yang mampu berpikir dan menganalisa tampaknya masih sangat jauh.

Btw.. selamat menikmati foto-foto yang kuambil beberapa hari ini.

Tagged in:

,

About the Author

ivie

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

View All Articles