Bulan

Hoax 7 Tahun Yang Masih Terus Hadir

27 Agustus .. Rasanya tanggal ini sudah jadi tanggal keramat semenjak 2003. Bagaimana tidak, sejak peristiwa oposisi Mars  setiap tahun pada tanggal 27 Agustus isu yang sama kembali muncul. Apalagi kalau bukan Bulan ada 2 di langit aka Mars tampak sebesar Bulan. 

Fenomena yang satu ini memang menarik. Masyarakat langsung percaya, anak-anak sampai orang dewasa, orang pinggiran sampai orang terpelajar semua langsung terkena  euforia menyebarkan sms dan email dan pesan singkat untuk melihat 2 bulan. Penjelasannya sih bisa dilihat di langitselatan, namun yang jadi pertanyaanku mengapa sedemikian mudah orang percaya? Apakah karena fenomena “langka” seperti kata surat itu? ataukah masyarakat kita memang suka hal-hal berbau keanehan? Bagaimana tidak aneh, lah wong logikanya gimana kok bisa Mars jadi sebesar Bulan kalau dilihat dari Bumi?

Beberapa isu lainnya yang juga ditanyakan bahkan sampai diangkat di infotainment adalah bayi Matahari dan penampakan 4 Matahari di China. Yang aneh nara sumbernya adalah tokoh agama, artis dan paranormal. Hmmm.. kok ya aneh? Kejadian alam ini kan ada “ilmunya” dan ada orang-orang yang memang bekerja di bidang tersebut. Pada akhirnya … yang muncul adalah.. benarkah masyarakat kita ini sedang dididik ke arah yang berlawanan oleh media? Dan mengapa masyarakat lebih mudah menelan isu dari pada kebenaran ilmu pengetahuan? Bahkan ketika ilmu pengetahuan coba dipaparkan, tudingan bahwa ilmuwan itu mendahului Tuhan pun seringkali muncul.

well…. perjalanan untuk bisa memberi dampak pada masyarakat agar menjadi masyarakat terdidik yang mampu berpikir dan menganalisa tampaknya masih sangat jauh.

Btw.. selamat menikmati foto-foto yang kuambil beberapa hari ini.

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

You may also like

7 Comments

  • saya malah baru tahu mbak…. heheheh
    salam kenal

  • sip setuju…!!! aku juga geregetan nonton media menyiarkan fenomena alam tapi dikomentari oleh yang bukan wilayahnya untuk mengomentari.

    aku juga merasa aneh. aku sering bertemu dengan orang2 yang pintar menjelaskan teori fisika dan sering memelajari alam semesta tapi masih berpikir sempit ttg dogma dan keyakinan. Memisahkan cara berpikir ilmiah dan religius seakan-akan tidak ada titik temu antara akal dan iman. Bahwa tidak layak mendiskusikan iman yg suci dgn cara2 ilmiah ujung2nya, percaya saja apa yang tertulis dan tidak boleh dibahas..

    heheheee… sudah tipikal orang indonesia kayaknya ya…

  • Btw Venus & Jupiternya gede sekali mbak, pake telescope ya ngambil fotonya?

  • Salam Kenal Ivie. Wah isunya bentar lagi muncul dong hihii…tp sekarang dah tau kalo cm hoax 🙂

  • wah menarik, dari sejak saya SD saya suka mengamati langit, dan pada kali terakhir saya melihat komet halley tahun 1986 dulu, keingin tahuan saya meningkat tentang astronomi, tapi seiring berjalannya waktu minat saya berganti di musik waktu duduk di SMP, dan berubah lagi ke seni desain grafis setelah lulus SMA…tapi menyaksikan fenomena gerhana bulan kemaren…, membangkitkan keingintahuan saya kembali dimasa lampau,..saya terus mengamati langit dan melihat cahaya bintang yg sangat terang…ternyata venus ya itu…, bentar lagi tgl 27 agustus nih..hehe, kayaknya saya bisa up to date ilmu astronomi nih, salah satunya dari web anda ini…kan anda ahlinya…thx

  • koq saya jadi teringat pilem sun go kong ya?
    dalam salah satu scene-nya, terlihat ada 8 “matahari”.
    seandainya jika polusi cahaya tidak seperti saat ini, mungkin kita bisa melihat lebih dari 2-4 parts of bima sakti.

    hahaahaa.. sun go kong!!
    =@

Leave a Reply to vicky Cancel reply

%d bloggers like this: