Journal

-- the pilgrim journey --

Home / notes / Satu Dekade Meniti Perjalanan di Dunia Maya
Sep 18 2016

Satu Dekade Meniti Perjalanan di Dunia Maya

Sepuluh tahun lalu, atau tepatnya bulan September 2006, blog ini dimulai dengan alamat simplyvie.wordpress.com.  Kalau blog adalah anak, maka anak usia 10 tahun itu sedang menuju masa remaja. Kalau blog ini seperti evolusi sebuah bintang atau planet maka 10 tahun itu masih bayi kecil yang perlu dituntun dan dibina.

Tapi blog usia 10 tahun.. harusnya sih sudah cukup mapan dan matang. Sayangnya, blog yang satu ini masih terseok-seok menapaki dunia maya karena kemalasan saya untuk konsisten menulis. Bahkan untuk tulisan pendek. Atau sebenarnya saya tidak bisa menulis pendek? Hmm….

Saya pernah membaca,  salah satu cara agar blog tidak berkembang adalah tidak pernah ada publikasi yang baru. Sepertinya itulah yang terjadi di blog ini dan blog saya yang satu lagi avivah.co.  Menjaga konsistensi menulis itu sangat tidak mudah.  Cita-cita untuk bisa memperbaharui tulisan secara rutin akhirnya cuma jadi angan tak terwujud.

Alasannya? Klasik… sibuk.

Alasan lain… haruskah semua yang bersifat pribadi dipaparkan untuk publik?  Sepertinya batas antara ruang publik dan pribadi sudah semakin tipis. Atau mungkin sekarang hanya tersisa garis khayal. Apalagi dengan kehadiran media sosial dan peningkatan pengguna internet di Indonesia.  Godaan menulis pendek pada status media sosial yang bisa segera dibaca memang jadi godaan paling tinggi.

Ide sih banyak… tapi, kemalasan sepertinya mengalahkan semuanya. Well.. harus lebih semangat nih untuk membaca dan menulis.

Tapi.. apapun itu… saya tetap mengakui ketidakmampuan saya menjaga konsistensi blog yang sudah saya buat ini. Bahkan kadang saya lupa bahwa ada blog pribadi yang seharusnya saya maintain.

10 tahun bukan waktu yang singkat untuk sebuah blog bisa bertahan. Ataukah mudah?  10 tahun yang dimaksud di sini adalah rentang waktu ketika saya mendaftarkan diri di WordPress.com sebagai penyedia blog gratis, sekaligus awal ketika saya menulis dengan platform WordPress.  Tapi bukan awal menulis di dunia maya.

Seperti yang saya ceritakan dalam kisah Goresan Cerita di Dunia Maya, saya mulai menulis di dunia maya atau memiliki web pribadi, jauh sebelum era blog dimulai.  Tahun 1997/1998, saya memiliki rumah pertama di dunia maya di Geocities yang saat ini sudah almarhum. Rumah kedua dimulai tahun 2004 di alamat avieframework.com. Blog tersebut masih ada jejaknya dalam daftar taut situs di Sabda.org.

avieframework

Rentang tahun 2005-2006, saya pernah mencoba menulis di edublog.  Akhirnya tahun 2006 saya pun mendaftarkan diri di wordpress.com, dan hijrah. Tapi itu pun tidak lama.

Maret 2007, saya memutuskan untuk perlahan-lahan pindah dari simplyvie.wordpress.com ke simplyvie.com. Meski tanpa menggunakan embel-embel wordpress.com, situs simplyvie masih tetap menggunakan platform wordpress. Demikian juga sejumlah blog lain yang saya kelola.

10 tahun bersama wordpress sekaligus menandai konsistensi perjalanan saya menulis di dunia maya. Memang bukan di blog ini. Saya lebih banyak menulis di langitselatan semenjak tahun 2007 dan membuat audio dari tahun 2012.

Dulu kalau ditanya… mengapa saya menulis blog. Idenya saya ingin berbagi cerita dan pengetahuan. Idealnya sih aktualisasi diri lewat tulisan dan menceritakan tentang astronomi pada publik.

Menulis membuat saya kembali belajar. Meski saat ini sudah alih profesi jadi astronom murtad, dengan menulis saya kembali membaca buku teks dan paper. Dengan demikian saya bisa tetap belajar dan menjaga pola pikir bermalar.  Mengapa ini penting? Karena akhir-akhir ini tampaknya, publik lebih menyukai menerima sebuah berita tanpa melakukan cek dan ricek. Baca judul yang heboh atau clickbait, kemudian baca berita.. sebarkan.

Bahkan… mereka yang punya latar pendidikan tinggi pun bisa membuat kita mengernyitkan dahi. Berita hoax yang tersebar dengan mudah dipercaya. Logika seakan sudah mati.  Selama lebih dari 10 tahun menulis topik astronomi – dimulai dari avieframework.com, chrisantium80.edublogs.org, simplyvie.wordpress.com, simplyvie.com dan langitselatan.com – saya menemukan satu masalah yang sama. Pemahaman sains dasar menjadi isu utama dan agama jadi tameng untuk menutupi ketidakmampuan untuk memahami tersebut.

Mungkin ini PR dunia pendidikan. Buat saya… ini bagian dari tanggung jawab sebagai astronom komunikator untuk tetap menulis dan berbagi cerita tentang astronomi. Di dalam cerita itu bukan hanya informasi yang benar atau sekedar membuat masyarakat terpana akan kemegahan alam semesta. Yang paling penting dari itu semua adalah membangun kesadaran sains dan kemampuan bernalar….

Dan saya masih terus belajar untuk bisa menulis lebih baik lagi….

Well… at least… blog ini masih akan terus meniti perjalanannya di dunia maya, meskipun terseok-seok dan lebih sering hibernasi….

Share this entry

Leave a Reply

Walk in obedience to all that the Lord your God has commanded you, so that you may live and prosper and prolong your days in the land that you will possess.
Tentang Saya
avivah yamani

avivah yamani

- a pilgrimage -
tukang cerita astronomi. tukang main game. yuk kenalan
dari balik kamera
Kategori
Ingin tau coretan terbaru? Daftar yuk!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

%d bloggers like this: