Tentang Saya

Home / Tentang Saya

Hai hai.. Selamat datang di SimplyVie.com.

FullSizeRender 7Saya Avivah aka iVie, pemilik dari blog yang memuat catatan perjalanan, pemikiran maupun keisengan saya dalam menulis cerita, puisi dan opini pribadi. Semua yang dituangkan di sini merupakan pemikiran pribadi dan tidak mewakili institusi atau organisasi apapun.

Hobi saya itu main game. Terutama game simulasi. Tapi, sehari-hari saya lebih sering menjadi tukang cerita astronomi untuk publik. Saya berbagi cerita tentang alam semesta melalui tulisan di langitselatan dan podcast di 365 Days Of Astronomy. Latar belakang saya memang nggak jauh dari eksplorasi alam semesta. Bidang unik yang seringkali dijauhi orang tua. Biasanya orang tua pasti akan bertanya kalau anaknya memilih jalur ini, nanti kerja apa setelah lulus. Dan di suatu masa (alm) ayah justru menganjurkan saya untuk menekuni bidang satu ini.

Astronomi.

Sekolahnya cuma ada satu di Indonesia yaitu di Institut Teknologi Bandung. Kampus gajah duduk yang nggak pernah berdiri aka Dewa Ganesha. Selama belajar di astronomi, saya justru harus berjuang untuk lulus karena kegiatan lain di kampus lebih menarik perhatian. Meskipun godaan bermain game jauh lebih kuat, saya tetap bisa lulus dari astronomi. Sebagai kajian tugas akhir, saya justru tertarik dengan pencarian planet di bintang lain yang sedang tren saat itu. Tapi, saya tidak mencari planet baru dengan teleskop. Yang saya kerjakan adalah mempelajari dinamika sistemnya lewat simulasi yang saya buat.

Setelah lulus sebelum di DO, Iya donk, gunakan waktu kuliah sebaik mungkin, saya masih memilih untuk menjebak diri sendiri berurusan dengan planet-planet di paska sarjana ITB. Kali ini hobi ngegame vs belajar masih tetap terasa pertarungannya. Akhirnya saya bisa lulus setelah berkutat dengan simulasi sistem keplanetan. Pekerjaan saya itu untuk melihat kestabilan sebuah sistem jika memiliki planet.

Setelah lulus saya justru melaksanakan impian masa remaja. Bikin web dan jadi tukang cerita di dunia maya dan dunia nyata. Beda dengan web saya zaman geocities atau di awal 2000an yang dibuat sendiri CMS-nya, sekarang saya justru jadi anak malas yang hobi menggunakan WordPress. Untuk ceritanya, tentu saja tentang astronomi dan bagaimana astronomi bisa menjadi pintu gerbang untuk mengenal sains, budaya juga teknologi. Tapi, untuk blog pribadi saya memilih bercerita tentang pengembaraan saya dan tulisan-tulisan pribadi yang saya buat sewaktu-waktu. Ada opini, puisi, cerita pendek maupun catatan perjalanan saya ke berbagai daerah dan negara.

Seperti yang saya tulis di sini. Saya sangat suka ngobrol. Karena itu saya dari dulu hobi gabung di berbagai forum online dan ruang chatting. Itu masa yang menyenangkan karena saya bisa tampil anonim tanpa anda perlu tahu siapa saya.  Ketika media sosial mulai muncul, bersama rekan-rekan chatting di berbagai forum, satu per satu pun hijrah ke media sosial.  Riuh rendah media sosial sepertinya membuat batas antara ruang pribadi dan publik menjadi abu-abu. Apapun, saya menikmati penggunaan media sosial sebagai saluran untuk berbagi cerita alam semesta dan ruang untuk membangun relasi dengan kolega dari berbagai negara.

Saat ini saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis dan membuat audio tentang astronomi. Dalam perjalanan saya bercerita tentang astronomi, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah kaitan antara astronomi dan keyakinan. Di blog astronomi, kamu tidak akan menemukan saya berbicara tentang keyakinan saya. Tapi di blog ini, kamu bisa membaca kontemplasi saya dalam perjalanan iman saya. Yang perlu diingat, saya tidak bersedia membuat teori cocoklogi antara iman dan sains.

Untuk mengetahui profil saya terkait astronomi sila kunjungi situs avivah.co/profil. Untuk tulisan-tulisan saya tentang astronomi di langitselatan dan tulisan terkait komunikasi sains di avivah.co. Kalau ingin mendengar cerita astronomi lewat audio, sila kunjungi 365 Days Of Astronomy.