Tentang Saya

Hai hai.. Selamat datang di SimplyVie.com.

FullSizeRender 7Saya Avivah aka iVie, pemilik dari blog yang memuat catatan perjalanan, pemikiran maupun keisengan saya dalam menulis cerita, puisi dan opini pribadi. Semua yang dituangkan di sini merupakan pemikiran pribadi dan tidak mewakili institusi atau organisasi apapun.

Hobi saya itu main game. Terutama game simulasi. Tapi, sehari-hari saya lebih sering menjadi tukang cerita astronomi untuk publik. Saya berbagi cerita tentang alam semesta melalui tulisan di langitselatan dan podcast di 365 Days Of Astronomy. Latar belakang saya memang nggak jauh dari eksplorasi alam semesta. Bidang unik yang seringkali dijauhi orang tua. Biasanya orang tua pasti akan bertanya kalau anaknya memilih jalur ini, nanti kerja apa setelah lulus. Dan pada suatu masa (alm) ayah justru menganjurkan saya untuk menekuni bidang satu ini.

Astronomi.

Sekolahnya cuma ada satu di Indonesia yaitu di Institut Teknologi Bandung (saat itu). Kampus gajah duduk yang nggak pernah berdiri aka Dewa Ganesha. Selama belajar di astronomi, saya justru harus berjuang untuk lulus karena kegiatan lain di kampus lebih menarik perhatian. Meskipun godaan bermain game jauh lebih kuat, saya tetap bisa lulus dari astronomi. Sebagai kajian tugas akhir, saya justru tertarik dengan pencarian planet di bintang lain yang sedang tren saat itu. Tapi, saya tidak mencari planet baru dengan teleskop. Yang saya kerjakan adalah mempelajari dinamika sistemnya lewat simulasi yang saya buat.

Setelah lulus sebelum di DO, Iya donk, gunakan waktu kuliah sebaik mungkin, saya masih memilih untuk menjebak diri sendiri berurusan dengan planet-planet di pascasarjana ITB. Kali ini hobi ngegame vs belajar masih tetap terasa pertarungannya. Akhirnya saya bisa lulus setelah berkutat dengan simulasi sistem keplanetan. Pekerjaan saya itu untuk melihat kestabilan sebuah sistem jika memiliki planet.

Setelah lulus saya justru melaksanakan impian masa remaja. Bikin web dan jadi tukang cerita di dunia maya dan dunia nyata. Beda dengan web saya zaman geocities atau di awal 2000an yang dibuat sendiri CMS-nya, sekarang saya justru jadi anak malas yang hobi menggunakan WordPress. Untuk ceritanya, tentu saja tentang astronomi dan bagaimana astronomi bisa menjadi pintu gerbang untuk mengenal sains, budaya juga teknologi. Tapi, untuk blog pribadi saya memilih bercerita tentang pengembaraan saya dan tulisan-tulisan pribadi yang saya buat sewaktu-waktu. Ada opini, puisi, cerita pendek maupun catatan perjalanan saya ke berbagai daerah dan negara.

Seperti yang saya tulis di sini. Saya sangat suka ngobrol. Karena itu saya dari dulu hobi gabung di berbagai forum online dan ruang chatting. Itu masa yang menyenangkan karena saya bisa tampil anonim tanpa anda perlu tahu siapa saya.  Ketika media sosial mulai muncul, bersama rekan-rekan chatting di berbagai forum, satu per satu pun hijrah ke media sosial.  Riuh rendah media sosial sepertinya membuat batas antara ruang pribadi dan publik menjadi abu-abu. Apapun, saya menikmati penggunaan media sosial sebagai saluran untuk berbagi cerita alam semesta dan ruang untuk membangun relasi dengan kolega dari berbagai negara.

Saat ini saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis dan membuat audio tentang astronomi. Dalam perjalanan saya bercerita tentang astronomi, pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah kaitan antara astronomi dan keyakinan. Di blog astronomi, kamu tidak akan menemukan saya berbicara tentang keyakinan saya. Tapi di blog ini, kamu bisa membaca kontemplasi saya dalam perjalanan iman saya. Yang perlu diingat, saya tidak bersedia membuat teori cocoklogi antara iman dan sains.

Untuk mengetahui profil saya terkait astronomi sila kunjungi situs avivah.space/profil. Untuk tulisan-tulisan saya tentang astronomi di langitselatan dan tulisan terkait komunikasi sains di avivah.space. Kalau ingin mendengar cerita astronomi lewat audio, sila kunjungi 365 Days Of Astronomy.

124 Comments

  • Serpentgoddess

    Mba Ivie.. Bisa ga sih ambil astronomi ITB tapi ga pake SPMB? Bis aku udah mau lulus dari UI psikologi.. 🙁 Salah ambil jurusan hihihi.. 😛

  • hi, salam kenal ?
    aku penggemar astronomi sampai aku dan teman-teman membuat komunitasnya. Aku harapkan kita bisa sharing tentang ilmu astronominya dan cara membuat web .Mungkin bisa menghubungi saya di Yahoo messengger.
    makasih
    Arga Adha Anwari

  • saya ol setiap hari jam 6 sore? insya allah? kpn kita sharing ny ? dah gak sabar mau dapat ilmu astronomi ?

  • Haloo

    Ni am arga anggota club astronomi. Mau tanya klo nnti tnggal 2-5 LS membuat kegiatan gak?
    Bls ke Email ini : astrofunclub_bandung@yahoo.co.id

  • silahkan gabung di acara yang sudah dicantumkan di web langitselatan .

  • Syaddad Bahalwan

    dari nama antum, keliatannya jamma’ah dari ambon ya ?

  • Ivy aku sedang bergiat mengetahui makna filosofis segala sesuatunya yang bisa kita kenali sebagai ‘sup kosmos’

    Aku seolah ketemu teman nyentrik melalui gaya tulisanmu. Utamanya tentang Iman Kristiani.

    Jadi ngefans berat nih.

  • hi Farren thanks yah. btw kalau pengen baca lebih banyak tulisan astro. aku lebih banyak nulis di langitselatan.com, disini jadinya lebih banyak nulis renungan. Sedangkan yang terkait kosmos mungkin hanya yang relevan ama penelitianku.

    Tapi mang ga bisa dipungkiri. Caraku menulis sangat terpengaruh oleh kepercayaan dan latar belakang keilmuan. jdnya nyetrik yah?

  • tentang makna filosofis, mnurutku segaa hal di dunia ini pasti punya makna filosofis.

  • to haikal kalo k bandung kabar2in yah.

  • kak ivie…
    blh mta emailx g??
    aq mw ngirim data bwt mesen teleskop yang buatan jepang t…
    kirimi secepatnya y kak…
    email aq orient_she@yahoo.com

  • dari kecil smp pengen bgt bisa jd astronot,smp seneng klo lihat gambar2 planet2 dan benda2 luar angkasa,smp SMA masih seneng sm astronomi,,tp ga tw gmn nyalurin keinginan ini (ga tw klo ada kuliah jurusan astronomi),,akhirnya karena keterbatasan informasi jd kuliah di jurusan informatika,,setelah 3thn kuliah baru tw klo di indonesia ada jurusan astronomi…
    whuaaaaaaa jd nyesel,pengen ikut SPMB udh ga bisa,,trus harus gmn dooong???
    tertarik bgt sm bidang ini…

  • sifa kalau tertarik main aja k langitselatan.com

  • Mbak ivie, knalin. Namaq merlyn. Q suka bgt dg astronomi, q pembca setia langit selatan. Q tinggal d malang. Q pgn bgt ikut club astronomi,tp dsni kayakx g ada. Q m tanya alamat FBnya langit selatan ato mbk ivie ndiri ada ndak? Trims

    • merlyn,

      saya juga penggemar astronomi di malang dan mencari kawan2 sehobi yang berminat, mari kita bikin club astronomi di Malang

  • mba saya sudah pesen galeleo teleskop di langit selatan, waktu itu saya pesan dengan rigel,sampe sekarang saya belum menerima kabarnya, apa saya harus pesan juga ke mba ivie, klo iya saya minta alamat emailnya mba ivie, mohon konfirmasinya untuk pesmesanan galeleo teleskop.terimakasih

  • mbak vie, saya tertarik sekali dengan star party di situs lintang selatan. adakah nomor kontak yang bisa saya hubungi?terima kasih

  • oh ini mbak yang punya site avie framework n aktif di forum centaurusonline ya. salam kenal dari saya:)

  • iya saya yang dulu punya avieframework dan akftif di centaurusonline. sekarang avieframework dah berganti jd simplyvie dan centaurusonline jadi langitselatan.com

    salam kenal juga…

  • hai mbak vie, saya niki dari ITB juga. saya tertarik dengan artikel Bosscha yang mbak tulis..kebetulan, saya sedang membuat artikel mengenai bosscha. Kalau boleh, saya ingin bertanya dengan mbak mengenai hal itu..
    kalau boleh tau email mbak apa ya?
    terima kasih..

  • 22 juli 2009 terjadi gerhana matahari total..didaerah utara khatulistiwa…sebenarnya klo mo liat perhitung gerhana itu gampang… sebenarnya saya punya kelebihan di bidang astronomi ini tdk saya kembangkan karena saya melihat masa depan kita seorang astronot indonesia hanya bekerja mengisi artikel majalah

  • gita nasution

    mba Vie,
    aq krim email atas nama Goodreads Indonesia u/ program pengenalan alam semesta dan perbintangan skaligus meminta pembicara dari langitselatan.com hingga kini blom ada respon, gmn yaa..

  • saya masih sma n baru tertarik ma astronomi berkat tlsan2 mbak.
    mau tanya ttg supermasiv blackhole sbg pusat galaksi. btw yang dikelilingi galaksi2 dialam semesta merupakan supermasivblackhole juga kah??

    • benar diperkirakan di pusat bimasakti adalah black hole. dan juga diperkirakan pusat alam semesta adalah black hole

  • Vie …
    gimana khabarnya ?

    sedih rasanya baca tulisanmu tentang si Ical …
    jadi inget 12 tahun yang lalu …
    jadi inget ketawanya Ical, becandanya Ical … (rasanya baru kemaren)

    gimana kabar temen-temen yang lain …
    di foto yang kamu tampilin, kok nggak ada si Yana, kemana dia?

    hehehe, kalau aku memang sudah dianggap hilang dari peredaran ya vie …

    tapi jujur, seneng bgt bisa nemuin kamu dan temen-temen astro 97 …
    jadi kangen …

    tak tunggu balasannya!
    salam buat temen-temen yang lain …

    farkhan(10397002/astro’97)

    • Farkhannn??? ya ampunnn dah lama bangettt.

      hehehe… pa kabar? aku baik2 aja. doh anak2 sering nanyain kamu plus nyari kamu loh. pas thn lalu ical meninggal kita nyari cara ngontak kamu tp ga nemu. sedih udah almost sethn dia meninggal.:(

      kamu ga dianggap ilank kok. msh pd inget hehehehe. kabar temen2 lain baik2 aja. Yana.. terakhir ktemu udah lama. Dia ngilang dari ITB.

      siang ini gue bakal ketemu lia. ntar disampaikan juga salamnya. hehehehe. btw gimana cara kontak kamu? bisa email ke email yg terdaftar di komentarmu ini ga? biar ntar kusebarin ke temen2.

      oya… kamu udah nikah kan? udah berapa anaknya? sekarang posisi dimana? kok bisa ketemu di webku ini yah? doh seneng banget…

      • seneeeeeeeeeng bgt rasanya nemuin kalian semua …
        seperti menemukan kembali bintang-bintang yang ilang … hihihi

        terakhir ketemu ama maryam, zaid, dll …
        pas akku dateng ke nikahannya maryam di cilacap …. sampe kemaleman segala …. abis itu putus-tus nggak ada kabar lagi …

        sampe kemaren …
        entah kenapa pingin bgt nyari kabar temen-temen ku yang dulu …
        tak ketik satu-satu nama di kotak searching-nya google …
        pas tak ketik “Ical 97” … muncullah tulisanmu …

        agak syok juga ketika baca !
        langsung inget pas ngejreng bareng-bareng di lapangan basket …
        petikan gitarnya Ical yang dhsyat, plus suaranya maryam yang … (hehehe, nggak nyangka, bagus bgt!) … kalau aku waktu itu bagian backing vokalnya aja … hihihi

        Iya, vie …
        kalau mau cerita panjang lebarnya, langsung ke emailku aja …
        yang pamapersada itu …

        aku sekarang kerja di pertambangan …
        nah, bagaikan langit dan bumi ya (bukan kiasan, tapi beneran)

        salam,
        farkhan

  • salam kenal mbak vie..
    wah asli ambon ya, kalo saya asli jawa tapi kerja di ambon.

    blogger maluku, langsung gabung aja mbak biar nambah semangat yang akhir2 ini rada mlempem..

  • @Mba Vie…..
    Saya adalah salah satu kelahiran ambon, tepatnya di Rumit Patimura tahun 64 yang lalu…. saya memang kangen dengan ambon, boleh tahu aja anda dulunya dari kelaurga AD atau bukan…..?
    Saat ini saya dan keluarga tinggal dijakarta, sesekali ke Bandung dimana mertua saya tinggal di sana tepatnya di KPAD Geger Kalong.
    Salam kenal untuk anda dan selamat menggeluti dunia astronomi

    Mas Yono

  • Januar Kristianadi

    Those who are wise shall shine
    Like the brightness of the firmament,
    And those who turn many to righteousness
    Like the stars forever and ever
    (Dn.12:3)
    Maju terus ‘nak, Gbu.

  • mbak .. lam kenal nni .
    saya reza mahasiswa unisba jurnalistik .
    tulisan mbak bagus-bagus .. dah gitu keren .
    boleh ga saya belajar k mbak .

    terima kasih jika sudah membalas .

    • salam kenal juga. waks thank you udah baca tulisan2ku. tp aku juga masih belajar… apalagi aku ga pernah belajar jurnalistik.. apa nggak kebalik? menurutku kita sama2 belajar jadinya..n itu pasti menarik bisa tuker info..

  • lho mbak di ITB bisa ambil program sarjana dan pascasarjana langsung tho? Berbarengan?

  • Salam kenal tuk mbak Ivie…
    Aku senang sekali baca tulisannya di “langitselatan.com”. Mudah-mudahan ilmu yang mbak Ivie dapatkan mbak sebarkan terus situs itu sehingga kami -kami yang tak mampu sekolah lebih tinggi bisa sedikit lebih paham tentang alam makrokosmos. Terima kasih ya ?

    • thank you wendy. semoga kami bisa terus menulis di langitselatan s bis aterus berbagi ilmu dan cerita ttg alam.

  • . hai mba .
    . saLam knL dari andien .
    . saya suka banget astronomi mba . Alhamdulillah saya jadi ketua club astronomi disekolah saya .
    . pengen masuk Astronomi ITB , tapi kaya nya susah iya mba . hhe
    . boleh minta alamat email nya mba ? saya pengen tanya2 tentang astronomi . ini alamat email saya . b4d_girl2025 (at) yahoo.com
    . makasii mba .

  • hai sist, nice to know u blog… salam kenal… sukses slalu ^_^

  • Greetings from Poland Vivi. Great blog. I understand only English part, but I like it 🙂

  • salam kenal ibu,
    saya mau menawarkan teropong matahari
    “Teleskop Matahari LUNT SOLAR SYSTEMS LS100THa Erecting Prism with B1200 blocking filter matahari lunt solar systems ls100tha b1200.

  • mbak, aku mampir ke blogmu ya. salam kenal! ^_^

  • Fall from Jupiter

    Hi Ivie,

    Very nice blog, cool hobby, and awesome stories.

    Salam kenal dari Jakarta, kalo ada kegiatan star party boleh join ya.

    Chris W.

  • salam,
    saya penggemar science walopun hanya versi populernya 🙂

    wah tulisannya asik asik, di langit selatan juga asik! kita butuh media yg begini nih, semoga semangat sampai tujuan 🙂

    • thank you. seneng kalau tulisan kami di langitselatan dibaca dan bisa memberi informasi dan wawasan.

  • Dear ivie salam kenal & Syallom,

    Salam kenal nama sy ardie & profesi sy adalah programmer komputer namun tertarik utk mempelajari semua science.
    Bbrp hari ini saya mendapat satu pertanyaan yang tiba2 muncul dalam pikiran saya, saya tiba2 mendapatkan suatu kesimpulan yg kebetulan dan msh tanda tanya. Sesuai artikel di detik.com mengenai bulan merah (http://www.detiknews.com/read/2008/02/21/134033/897751/10/bersiap-siap-lihat-bulan-merah), dan mengenai proses terjadinya Supernova (http://id.wikipedia.org/wiki/Supernova). Saya berpikir apakah bulan merah tersebut mrpk proyeksi pantulan warna bumi yg sesungguhnya. Jika mmg demikian apakah berarti planet Bumi ini dalam tahapan pertama proses Supernova?

    • akan coba kujawab ntar malem yah. tp yg pasti Bumi tidak akan menjadi supernova. supernova merupakan akhir hidup dari bintang bermassa besar. ttg bulan merah gue baca dulu yaaaaa

  • Salam kenal mbak ivie, salut dengan langitselatan.com-nya

    Waktu kecil dulu suka astronomi sekarang udah gede gak lagi hehehehe

  • salam kenal,…..dari guru astronomi yang masih amatir….

  • Waww,,….Kak IviE EmanK HbaT z..
    Q jgA peNgeN Jdi AsTroNom Kya’ Ka”k,,
    Cz tHu sRuuuuuuu kHan Kak……
    n’ EmaNk Hdup tHu bTuh PeRjaNgan kHan………
    n’ q sLut dgn Ka”k………

  • Sioh ale nona…

    Salam kenal. Saya suka membaca tulisan-tulisanmu di LangitSelatan, dan aku punya kesan tersendiri terhadap cara kamu menyajikannya.
    Saya cuma orang awam yang suka dengan hal-hal yang berbau asrto. Cuma kadang saya merasa “lost in space”, kehilangan Dia, ketika “masuk” semakin dalam ruang angkasa. Trus, apa kamu pernah alami konflik semacam itu selama mendalami astronomi ?

    Trims, GBU !

  • email apa mbak ? boleh tau ya. sy mau sharing kalo boleh

  • baguz dah

  • keren stitus di sini

  • hahaha……………
    betul mang.a
    tata surya dapat lg planet yg baru

  • hai kak salam kenal!!
    namaku asri,aku baru aja suka” baca tentang ilmu astronomi,tapi masih belum menemukan kenyamanan dalam pemeblajaran ini…
    gymana ya kak cara yang nyaman buat beajar ilmu astro?

    • cara nyaman buat belajar astro… temukan apa yang kamu suka di astro. langitnya? msterinya? one by one.. sampe kamu jatuh cinta 🙂

      • oh gitu ya kak,nanti aku coba dech!
        makasih buat sarannya kak,nanti klo misalnya aku tanya” lagi gpp ya!? hhehe 🙂

  • kk ivie. numpang tanya nie ,.
    tentang planet nibiru ,.
    itu planet sbnarnya ada ngga ?
    trus kok bnyk bngt web2 yg bahas tentang planet itu ?
    katanya kberadaan nya sngaja d tutupi apa itu bner ?

    • planet nibiru itu ngga ada. itu planet rekaan bangsa sumeria. banyak web yg bahas karena itu planet dikaitkan dengan urusan ramalan akhir dunia.. akibatnya banyak yg suka dan tertarik membahas.

      keberadaannya ga pernah ditutupi karena memang planetnya ga pernah ada.

  • kk ivie taw dari mana kalo tu planet ngga ada ?
    uda pernah coba cari ?

    • nyoba cari di? nibiru semenjak awal memang cuma plant rekaan kok. untuk planet sebenrnya pencarian yg dilakukan sudah menemukan planet2 besar. pencarian di area terluar tata surya pada umumnya menemukan obyek2 sebesar pluto yg dikenal sebagai planet katai atau juga obyek2 di kuiper belt.

Prev PageNext Page

Leave a Reply