Sejarah Awal Teori Pembentukan Tata Surya

Sebuah teori lahir dari keingintahuan akan suatu kejadian atau keadaan. Tidak mudah untuk mempercayai sebuah teori baru, apalagi jika teori tersebut lahir ditengah kondisi masyarakat yang memiliki kepercayaan yang berbeda. Tapi itulah kenyataan yang harus dihadapi oleh para ilmuwan di awal-awal penemuan mereka.

Hal utama yang dihadapi untuk mengerti lebih jauh lagi tentang Tata Surya adalah bagaimana Tata Surya itu terbentuk, bagaimana objek-objek didalamnya bergerak dan berinteraksi serta gaya yang bekerja mengatur semua gerakan tersebut. Jauh sebelum Masehi, berbagai penelitian, pengamatan dan perhitungan telah dilakukan untuk mengetahui semua rahasia dibalik Tata Surya.

Pengamatan pertama kali dilakukan oleh bangsa China dan Asia Tengah, khususnya dalam pengaruhnya pada navigasi dan pertanian. Dari para pengamat Yunani ditemukan bahwa selain objek-objek yang terlihat tetap di langit, tampak juga objek-objek yang mengembara dan dinamakan planet. Orang-orang Yunani saat itu menyadari bahwa Matahari, Bumi, dan Planet merupakan bagian dari sistem yang berbeda. Awalnya mereka memperkirakan Bumi dan Matahari berbentuk pipih tapi Phytagoras (572-492 BC) menyatakan semua benda langit berbentuk bola (bundar).

Sampai dengan tahun 1960, perkembangan teori pembentukan Tata Surya bisa dibagi dalam dua kelompok besar yakni masa sebelum Newton dan masa sesudah Newton.

Permulaan Perhitungan Ilmiah
Perhitungan secara ilmiah pertama kali dilakukan oleh Aristachrus dari Samos (310-230 BC). Ia mencoba menghitung sudut Bulan-Bumi-Matahari dan mencari perbandingan jarak dari Bumi-Matahari, dan Bumi-Bulan. Aristachrus juga merupakan orang pertama yang menyimpulkan Bumi bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan berbentuk lingkaran yang menjadi titik awal teori Heliosentrik. Jadi bisa kita lihat kalau teori heliosentrik bukan teori yang baru muncul di masa Copernicus. Namun jauh sebelum itu, Aristrachrus sudah meletakkan dasar bagi teori heliosentris tersebut.

Pada era Alexandria, Eratoshenes (276-195BC) dari Yunani berhasil menemukan cara mengukur besar Bumi, dengan mengukur panjang bayangan dari kolom Alexandria dan Syene. Ia menyimpulkan, perbedaan lintang keduanya merupakan 1/50 dari keseluruhan revolusi. Hasil perhitungannya memberi perbedaan sebesar 13% dari hasil yang ada saat ini.

Ptolemy dan Teori Geosentrik
Ptolemy (c 150AD) menyatakan bahwa semua objek bergerak relatif terhadap bumi. Dan teori ini dipercaya selama hampir 1400 tahun. Tapi teori geosentrik mempunyai kelemahan, yaitu Matahari dan Bulan bergerak dalam jejak lingkaran mengitari Bumi, sementara planet bergerak tidak teratur dalam serangkaian simpul ke arah timur. Untuk mengatasi masalah ini, Ptolemy mengajukan dua komponen gerak. Yang pertama, gerak dalam orbit lingkaran yang seragam dengan periode satu tahun pada titik yang disebut deferent. Gerak yang kedua disebut epycycle, gerak seragam dalam lintasan lingkaran dan berpusat pada deferent.

Teori heliosentrik dan gereja
Nicolaus Copernicus (1473-1543) merupakan orang pertama yang secara terang-terangan menyatakan bahwa Matahari merupakan pusat alam semesta, dengan planet-planet termasuk Bumi bergerak mengeliinginya dalam orbit lingkaran. Menurut Copernicus, bintang-bintang tetap juga berada di sekeliling Matahari. Untuk masalah orbit, data yang diperoleh Copernicus memperlihatkan adanya indikasi penyimpangan kecepatan sudut orbit planet-planet. Namun ia mempertahankan bentuk orbit lingkaran dengan menyatakan bahwa orbitnya tidak kosentrik. Teori heliosentrik disampaikan Copernicus dalam publikasinya yang berjudul De Revolutionibus Orbium Coelestium kepada Paus Pope III dan diterima oleh gereja.

Tapi dikemudian hari setelah kematian Copernicus pandangan gereja berubah ketika pada akhir abad ke-16 filsuf Italy, Giordano Bruno, menyatakan semua bintang mirip dengan Matahari dan masing-masing memiliki sistem planetnya yang dihuni oleh jenis manusia yang berbeda. Pandangan inilah yang menyebabkan ia dibakar dan teori Heliosentrik dianggap berbahaya karena bertentangan dengan pandangan gereja yang menganggap manusialah yang menjadi sentral di alam semesta.

Lahirnya Hukum Kepler
Walaupun Copernicus telah menerbitkan tulisannya tentang Teori Heliosentrik, tidak semua orang setuju dengannya. Salah satunya, Tycho Brahe (1546-1601) dari Denmark yang mendukung teori matahari dan bulan mengelilingi bumi sementara planet lainnya mengelilingi matahari. Tahun 1576, Brahe membangun sebuah observatorium di pulau Hven, di laut Baltic dan melakukan penelitian disana sampai kemudian ia pindah ke Prague pada tahun 1596.

Di Prague, Brahe menghabiskan sisa hidupnya menyelesaikan tabel gerak planet dengan bantuan asistennya Johannes Kepler (1571-1630). Setelah kematian Brahe, Kepler menelaah data yang ditinggalkan Brahe dan menemukan bahwa orbit planet tidak sirkular melainkan elliptik.

Kepler kemudian mengeluarkan tiga hukum gerak orbit yang dikenal sampai saat ini yaitu ;

  1. Planet bergerak dalam orbit ellips mengelilingi matahari sebagai pusat sistem.
  2. Radius vektor menyapu luas yang sama dalam interval waktu yang sama.
  3. Kuadrat kala edar planet mengelilingi matahari sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-rata dari matahari.

Kepler menuliskan pekerjaannya dalam sejumlah buku, diantaranya adalah Epitome of The Copernican Astronomy dan segera menjadi bagian dari daftar Index Librorum Prohibitorum yang merupakan buku terlarang bagi umat Katolik. Dalam daftar ini juga terdapat publikasi Copernicus, De Revolutionibus Orbium Coelestium.

Awal mula dipakainya teleskop
Pada tahun 1608, teleskop dibuat oleh Galileo Galilei (1562-1642), .Galileo merupakan seorang professor matematika di Pisa yang tertarik dengan mekanika khususnya tentang gerak planet. Ia salah satu yang tertarik dengan publikasi Kepler dan yakin tentang teori heliosentrik. Dengan teleskopnya, Galileo berhasil menemukan satelit-satelit Galilean di Jupiter dan menjadi orang pertama yang melihat keberadaan cincin di Saturnus.

Salah satu pengamatan penting yang meyakinkannya mengenai teori heliosentrik adalah masalah fasa Venus. Berdasarkan teori geosentrik, Ptolemy menyatakan venus berada dekat dengan titik diantara matahari dan bumi sehingga pengamat dari bumi hanya bisa melihat venus saat mengalami fasa sabit.

Tapi berdasarkan teori heliosentrik dan didukung pengamatan Galileo, semua fasa Venus bisa terlihat bahkan ditemukan juga sudut piringan venus lebih besar saat fasa sabit dibanding saat purnama. Publikasi Galileo yang memuat pemikirannya tentang teori geosentrik vs heliosentrik, Dialogue of The Two Chief World System, menyebabkan dirinya dijadikan tahanan rumah dan dianggap sebagai penentang oleh gereja.

Dasar yang diletakkan Newton
Di tahun kematian Galileo, Izaac Newton (1642-1727) dilahirkan. Bisa dikatakan Newton memberi dasar bagi pekerjaannya dan orang-orang sebelum dirinya terutama mengenai asal mula Tata Surya. Ia menyusun Hukum Gerak Newton dan kontribusi terbesarnya bagi Astronomi adalah Hukum Gravitasi yang membuktikan bahwa gaya antara dua benda sebanding dengan massa masing-masing objek dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda. Hukum Gravitasi Newton memberi penjelasan fisis bagi Hukum Kepler yang ditemukan sebelumnya berdasarkan hasil pengamatan. Hasil pekerjaannya dipublikasikan dalam Principia yang ia tulis selama 15 tahun.

Teori Newton menjadi dasar bagi berbagai teori pembentukan Tata Surya yang lahir kemudian, sampai dengan tahun 1960 termasuk didalamnya teori monistik dan teori dualistik. Teori monistik menyatakan bahwa matahari dan planet berasal dari materi yang sama. Sedangkan teori dualistik menyatakan matahari dan bumi berasal dari sumber materi yang berbeda dan terbetuk pada waktu yang berbeda.


sumber : The Origin and Evolution of the Solar System (M. M. Woolfson)
artikel terkait
Teori Pembentukan Tata Surya Sesudah Newton
Teori Pembentukan Tata Surya Awal Abad ke-20

live by grace and mercy of the Lord. a pilgrimage in this world. astronomy communicator. food lovers. mac mania. gamers. chatters. wine and hang out lovers.

You may also like

103 Comments

  • Dear Simply Vie,

    terima kasih atas dedikasi Anda menyebarkan astronomi kepada masyarakat luas. Khususnya saya sendiri mendapat banyak manfaat dari situs Anda.
    Tentang asal mula tata surya, yang saya tahu dihipotesiskan oleh teori nebula, teori proto planet, teori planetesimal, teori tidal, teori binary star dan teori cloud and dust. Deskripsi teori-teori tersebut dari buku yang berbeda akan berbeda versi (bikin saya mikir, siapa yang salah ngutip/translate?).
    Dengan rendah hati saya mohon kemurahan hati Saudara/i untuk membagi pengetahuan tentang teori-teori asal mula tata surya.
    Trims.

  • terimakasih.

    soal teori tata surya memang ada banyak teori yang dikemukakan untuk masalah pembentukan tata surya. saya akan coba bahas satu per satu sebagai bagian dari sejarah perkembangan teori-teori tersebut sampai dengan saat ini.

  • Dear Ivie,

    melengkapi kajian kronologis teori heliosentris yang dipaparkan diatas, ada baiknya literatur yang dipergunakan dilengkapi dengan literatur masa2 sebelumnya yaitu masa2 Dark Age Eropa, yaitu masa2 dimana pencerahan Ilmu pengetahuan saat itu terbit dibelahan bumi timur.

    Salam dari jauh,

    Ari

  • bagus banget. makasi yah….berkat loe gw bisa lengkapin tugas skul gw tentang sejarah terbentuknya tata surya. thx banget…

  • to dibzz: wuah syukurlah kalo tulisan di blog ini bisa ngebantu loe buat beresin tugas.

  • Teori Pembentukan Tata Surya s.d 1960 « [ simply vie ]

    […] artikel terkait : Sejarah Awal Teori Pembentukan Tata Surya Teori Pembentukan Tata Surya Sesudah Newton Teori Pembentukan Tata Surya Awal Abad ke-20 […]

  • sHeLLy nEv 17

    hmm…kRenZ ju9a aRtikELna

    ngebaNTu bgd…wat gw nyeleSe’in

    tugaz2 sKuL……THx bgd yah simply vie

    majuuuuu teruz,,,n bikiN nax2 indonesia jadi nax
    yang punya standar peNgetaHuan yg tinGGi

  • Ok, thanks banget juga ya…. couse gw harus presentasi-in makalah gw mengenai Teori Pembentukan Tata Surya ni, n gw kebantu banget nih.

  • Pleas tell me sun. I have homework in my school and the title is sun. Is physics subject.

  • thx banget informasinya ini ngebantu gw supaya bisa dapet nilai bagus dari guru gw sekali lagi thx

  • TeOR!2 Ne m@nk Bgs Bngt bWt nGbnTu p@rA peMinT Tat@ Sury@, TermaSuk Aq, tP q ngRsa beLum teRl@lu Puas DengaN teori Yg Ne ja, Bisa gX d Tlis Yg lBh lngkP lg…He3….Coz Q termSk penCint MaslH Tntng Tat@ SuryA. thx @ loT ya…..

  • makasi bgt!!!!!!!!!!!!!!!!jenis teorinya lebi banyak dr yg diajarin,so ngebantu bgt pas bikin makala

  • thankz, gua bisa ngelengkapin tugas portofolio gue tentang tata surya. moga artikel ini semakin lengkap aza..

  • makasih yach…ttg sejarahnya aq bisa buat kliping fisika ttg tata surya dan sejarahnya,tapi knp tdk ada gambarnya?

  • makasie…….bgt buanget yaw….!!!

    coz…brkat neh artikel naffie bisa nyleseien makalah naffie….

    Arigato Gozaimasu yaw…….

    c u

  • th”x 4 all

  • thanx,,guru geo saya puas.. tapi knp ngga ada gambarnya?

  • ismaningrum anisa

    aku boleh tanya gak soal asal usul nama tata surya

  • wahh

    thx bangedd ya

    tugas dadakan dr skull gw bisa teratasi…

    thx 4 simply vie…

    smoga suksees slaluuu

  • Chzty… UngUu197!!!

    thanx,, bgt yawh…

    gw jadi bisa nyelesein makalah fisika.. HhUuFffTtt!!!!!!!!

  • tHAnK’S………
    tEoRina mBaNTu aKuwh nGerJain tuGas!!!!!
    CEkiaN ma’aCiE…….

  • TerimaKasih buat Infonya!tapi tolong dong lengkapin lagi dengan gambar supaya lebih jelas

  • theng’s teramatsangat nii..
    gara.gara nii remed gw jadii kebantuu nii
    pokoknya tengs d

  • WuiiiiHh…. Lo HeBaT BGt DeCh…….ARTiKeL Lo iNi SaNgaT BaNTu Gw DeCh….. SueRr….

  • Bagus juga bisa menambah wawasan gue tentang tata surya. Tapi sebenarnya udah ada di Qur’an, cuma banyak yang tidak mempercayai Al-Qur’an yang merupakan pedoman kita. Setelah terbukti kebenarannya, baru deh peduli sama yang namanya Qur’an. Kalaupun msh banyak orang yg ga peduli, mereka itu orang yang terkunci mati hatinya.

  • om kok nga ada gambarnya ak butuhnya gambar orbit alam semesta

  • than’x bngt boat yg bikin artikel ini gw jadi ngerti and tau tentang asal mulanya tata surya ini.

  • Thnx with yuw krn udh bikin artikel gitu dech

  • gambar cari ndiri aja…. di google juga banyak.

  • Wah thanks banget lho atas informasinya
    coz bisa bantu z!eve untuk semakin ngerti soal alam semesta.

  • Wah….wah Thanks banget lho
    Coz artikel ini udah bisa bantu z!eve ngerjain tugas fisifa yang bikin pusing 7 keliling

  • Dear
    Everybody in the world

    aq mencari semua informasi tentang TATA SURYA
    mohon bantuannya

    my email chaknang@yahoo.com

  • informasi ttg tata surya bisa anda dapatkan di
    http://www.solarviews.com/eng/homepage.htm
    http://seds.lpl.arizona.edu/nineplanets/nineplanets/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_system
    di web tersebut anda bisa mendapatkan iformasi yang cukup lengkap dan ringan mengenai tata surya. masih ada lebih banyak lagi, anda bisa melakukan pencarian lewat google atau yahoo. informasi di blog ini memang tidak banyak kkarena saya sendiri masih kesulitan waktu untuk menulis.

  • mantap bener vie yu punya blog.. palagi tulisan yg ini. Ditunggu ya weblog Centaurusnya.. Hehe.. btw, gw secara resmi sedang pindahan ke wordpress.. alamatnya kayanganku.wordpress.com berkunjung ya

  • kusnandar putra

    saya rasa teori ini sudah di jelaskan terlebih dahulu oleh alkuran. oleh sebab itu, saya tidak kagum!!!!!!

  • kusnandar putra

    mw knalan gak ma aku..
    no aku 085255496907

  • menurut aq ckp lngkp tntng pengetahuannya n bs me+ wawasan aq jg! thanks alot………………………………………………………………………………!

  • alow makasih telah menyebarkan sejarah tentang artikel terbentuknya tata surya ini.
    If u want to join with me, you can sending message to me.

  • Hola… Hola… I am QQ. Sayang, buuuuuuanget yach … Padahal, wak2 itu q ada tugas bikin resume fisika about tata surya gitu. Tapi q lupa klo ada tentang tata surya di Google ini. Thank You

  • Dear ivie..
    akuwhh da pertanyaan yang dari dlu bwt akuwh bingung…
    kenapa planet2 bisa mengorbit tetap pda orbitnya???
    dan kenapa mreka ga saling bertabrakan???
    maaf aku bner2 ga taw

  • well jawaban simplenya karena gaya tarik gravitasi Matahari membuat mereka tetap pada orbitnya.

    kenapa ga saling bertabrakan? nah ketika planet-planet bergerak dalam orbitnya, suatu waktu mreka bisa bergerak mendekati planet lain. Tapi ketika dua planet mengalami pertemuan (close encounter) jaraknya tidak cukup dekat untuk bisa memberi pengaruh satu sama lain.

    Seandainya jarak minimum pertemuan itu dicapai… maka akan terjadi gangguan yang bisa saja menyebabkan salah satu planet terlontar atau malah nabrak planet lainnya.

    untuk kasus tata surya…. planet-planetnya tidak pernah memenuhi jarak minimum yg memungkinkan terjadinya gangguan.

  • menurut saya,teori terbentukya tata surya harus lebih terperinci lagiya……..???????

  • hehehe ini khan sejarah perkembangan mas makanya ga dipaparin dnegan rinci. Ntar deh yah kalo seri sejarahnya dah beres kucoba bikin tulisan ttg model pembentukan yg paling mendekati yang saat ini banyak digunakan.

  • kk minta soal tetang kemagnetan listrik ma tata surya

  • ada yang tau g’ sejarah perkembangan teori gravitasi newton??????????

  • Tolong dimuat teori tentang :

  • Tolong dimuat teori tentang :
    1. Teori nebule
    2. Teori Planetesimal
    3. Teori pasang surut
    4. Teori awan debu
    5. Teori Big-Bang

  • semua sudah ada disini silahkan cari sendiri

  • hi,,,

    AQ ingin tw lbih banyak tntang tata surya!!

    Fs: miza_okk3y_poeny4@yahoo.co.id
    email : miza.orangbiasa@gmail.com

  • opo iyo lho leeee

Prev PageNext Page

Leave a Reply

%d bloggers like this: